Borneo Siap Bayar Rp9 Triliun ke Bakrie

pertambangan
Sumber :
  • www.allposters.co.uk

VIVAnews - Perusahaan tambang batu bara PT Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk segera merealisasikan pembayaran atas pembelian saham Bumi Plc milik PT Bakrie & Brothers Tbk dan Long Haul Holdings Ltd. Emiten dengan kode perdagangan BORN itu telah mendapat persetujuan dari pemegang saham untuk mendapat pinjaman US$1 miliar atau sekitar Rp9 triliun lebih dari Standard Chartered Bank.

"Besok kami bayar ke Bakrie & Brothers," kata Direktur Utama Borneo, Samin Tan, usai rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2011.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Bumi Plc adalah perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek London dan memiliki investasi pada PT Bumi Resources Tbk, PT Berau Coal Energy Tbk, dan PT Bumi Resources Minerals Tbk, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebelum dibeli Borneo, Bakrie & Brothers dan Long Haul Holdings Ltd menguasai 47,6 persen saham Bumi Plc.

Samin menuturkan bahwa rencana pinjaman akhirnya mulus direstui. Utang itu akan digunakan perseroan untuk mengambil alih 23,8 persen saham Bakrie & Brothers di Bumi Plc yang terdaftar di Bursa Efek London. Kepada Standard Chartered, Borneo menjaminkan aset berupa 100 persen saham di dua anak perusahaan. Nilai penjaminan lebih dari US$2 miliar.

Pinjaman dari bank asing tersebut dipastikan dengan bunga 5,65 persen di atas London Interbank Offered Rate (LIBOR), dengan jangka waktu pinjaman 5 tahun.

Sebelumnya, RUPSLB ini sempat tertunda karena belum mendapat pernyataan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), sehingga kucuran dana dari Standard Chartered turut tertahan.

Dalam RUPSLB tersebut, disepakati pula pergantian direktur utama dari Samin Tan kepada Alexander Ramlie. Alexander sebelumnya berkarier di sektor perbankan dan investasi. Salah satunya di Ancora Capital. (art)

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024