Kemendag Temukan 1.541 Pengecer Gula Rafinasi

Stok Gula Nasional Tinggal 500 Ribu Ton
Sumber :
  • Surabaya Post / Taufan Sukma

VIVAnews - Kementerian Perdagangan menemukan 1.541 pengecer gula rafinasi yang diduga melibatkan delapan perusahaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.024 pengecer diduga melibatkan satu perusahaan.

"Mulai Juni sampai Oktober telah dilakukan audit terhadap gula rafinasi, khususnya spek distribusi dan peredarannya," kata Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi saat ditemui di Kemendag, Jakarta, Jumat 30 Desember 2011.

Bayu mengungkapkan, paling banyak ditemukan di daerah Makassar, Pane, terdapat 1.024 pengecer. "Dilihat dari jumlah pengecer, sekitar delapan persen yang menjual gula itu. Itu bisa jadi dugaan bahwa gula itu rembes ke pasar sekitar 19 persen," katanya.

Dalam audit ini, dia menambahkan, dapat dilihat beberapa aspek mulai dari aspek perusahaan, distribusi, apakah perusahaan menjual ke distributor atau langsung ke perusahaan makanan dan minuman. "Kalau pun lewat distributor, harus ada surat yang menandakan apakah perusahaan bersangkutan terdaftar atau tidak," ujar Bayu.

Untuk itu, Bayu mengatakan, pihaknya akan meminta perusahaan inspeksi, PT Sucofindo guna membuat indeks kepatuhan.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

"Ternyata, yang kita dapatkan yang paling tinggi atau patuh 97,38 persen dan paling rendah 41,06 persen. Perusahaan yang tingkat kepatuhannya tinggi akan diberi insentif," tambahnya. (art)

Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024