Tahun Depan Konsumsi Domestik Tumbuh 9,1%

Peningkatan Keuntungan Carrefour
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Perdagangan memprediksikan konsumsi domestik pada 2012 akan meningkat 9,1 persen menjadi Rp4,124 triliun.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

"Sektor perdagangan sebagai mesin pertumbuhan masih memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat 30 Desember 2011.

Selain sektor sektor perdagangan, dia mengatakan, sektor jasa seperti hotel dan restoran juga diperkirakan akan menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Menurut Gita, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus membaik meskipun badai ekonomi global masih berhembus ke wilayah Indonesia. Penurunan permintaan global mulai terlihat dari tanda-tanda perlambatan kinerja beberapa sektor dalam beberapa bulan terakhir.

Dengan adanya perlambatan permintaan di pasar global, Indonesia akan berupaya keras menyeimbangkan sumber pertumbuhan ekonomi dengan fokus pada sumber-sumber pertumbuhan domestik. "Pemerintah akan menempatkan prioritas pada pasar domestik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia" ujarnya.

Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024