Infrastruktur Kebagian Sisa Anggaran 2011

Konstruksi
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo agar Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) tahun anggaran 2011 sebesar Rp40 triliun sebagian digunakan untuk membangun infrastruktur.

Menurut SBY, infrastruktur Indonesia masih dirasakan sebagai hambatan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Untuk itu, pemerintah mengundang investor dalam dan luar negeri guna membangun infrastruktur.

"APBN juga kita arahkan ke sana, porsi ditingkatkan. SILPA Rp40 triliun digunakan sebagian untuk membangun infrastruktur agar terjadi pergerakan," kata Presiden di sela pembukaan perdagangan saham 2012 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin 2 Januari 2012.

Selain infrastruktur, SBY juga akan membuat birokrasi menjadi responsif. Sebab, birokrasi saat ini masih menjadi hambatan, baik itu di pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Ia berjanji akan mengeluarkan instruksi agar birokrasi menjadi lebih baik.

"Kalau regulasi kurang pas seperti undang-undang, akan dibicarakan antara pemerintah dengan DPR. Keppres, perpres yang menghambat kami lakukan penyelesaian. Perda-perda yang menghambat harus moving, agar ekonomi daerah bergerak," katanya.

Hambatan lainnya yang menjadi perhatian penuh SBY adalah korupsi. Jika berbagai hambatan tersebut dapat diatasi, Presiden optimistis 2012 dengan kerja keras akan lebih baik.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

"Kalau 2011 kita bisa mengatasi krisis, maka pada 2012 insya Allah dengan kerja keras dan pertolongan Allah bisa lebh baik lagi. Itu sebuah proses, bukan kerja sekali jadi," ujarnya. (art)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024