Konversi BBM ke Gas Jadi Prioritas 2012

Pom Bensin SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah terus memutar otak guna menekan konsumsi bahan bakar minyak bersubdisi yang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2012 ditetapkan 37,5 juta kiloliter (KL). Berkaca pada tahun lalu, pemerintah yang menetapkan konsumsi 40,49 juta KL saja tak terbendung. Total konsumsi tahun lalu melewati kuota.

Atas dasar itu, Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Evita H Legowo akan memprioritaskan konversi BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG) sebagai salah satu alternatif untuk menekan konsumsi BBM.

"Pengaturan BBM dan pengalihan BBM ke BBG ini akan menyita konsentrasi kami pada 2012," kata Evita dalam laman resmi Kementerian Energi, Selasa 3 Januari 2011.

Evita mengatakan, pengalihan BBM ke BBG akan memberi opsi kepada pengguna kendaraan yang tadinya menggunakan Premium agar beralih ke Pertamax atau ke BBG, ketika pengaturan BBM bersubsidi dilaksanakan pada April mendatang.

Untuk mendukung rencana ini, pada tahun ini pemerintah akan membangun 4 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Selain itu pemerintah juga akan membagikan alat konversi dari BBM ke BBG (converter kit) 1.000 unit.

"Kami sedang mengupayakan penugasan khusus ke salah satu badan usaha, sehingga converter kit yang dibagikan dapat lebih dari 1.000 unit," katanya. (adi)

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024