Memilih Sepatu Terbaik Sesuai Bentuk Kaki

Alas kaki high heels
Sumber :
  • Polyvore

VIVAnews - Penampilan keseluruhan semakin lengkap bila ditunjang sepatu yang cocok. Alas kakiĀ  kini bukan lagi sekedar pelindung kaki namun telah menjadi bagian penting dalam fashion.

Namun, tak semua model sepatu cocok Anda kenakan. Ada beberapa jenis kaki yang memengaruhi kesesuaian penampilan pemiliknya. Berikut empat jenis tipe kaki dan panduan memilih sepatu yang paling cocok, seperti dikutip dari Idiva.

Sesuaikan dengan postur tubuh

Wanita bertubuh tinggi yang mengenakan gaun pendek atau rok denim dapat mengenakan kitten heels, sepatu gaya Mary Jane atau sepatu berwarna terang untuk meramaikan pakaian yang sederhana. Sedangkan wanita bertubuh pendek dapat menyiasati kekurangannya dengan stiletto platform yang nyaman untuk tampilan malam hari yang manis dan funky. Bisa juga mengenakan wedges untuk siang hari.

Wanita berpostur pendek sebaiknya menghindari sepatu tertutup atau berbentuk melengkung. Pilihan wedges atau France heels memberi lengkung dan membentuk postur lebih proporsional. Sedangkan wanita berkaki jenjang dapat menggoda pasangan dengan mengenakan sepatu bertumit tinggi yang tipis. Kenakan bersama skinny jeans, gaun selutut atau rok.

Untuk pria, celana hitam, biru tua, atau hijau militer sebaiknya dipadukan dengan sepatu hitam. Sedangkan celana abu-abu, khaki dan warna-warna terang dikenakan bersama sepatu cokelat.

Kaki lebar

Pemilik kaki yang melebar ke arah jari-jari kaki dan menyempit ke arah tumit memerlukan banyak ruang di bagian depan sepatu mereka. Ini agar jari-jari kaki dapat bernapas.

Sepatu dengan bagian depan yang lebih luas paling cocok untuk pemilik kaki ini. Sepatu ankle straps sangat cocok mencipta kesan kaki lebih mungil namun nyaman. Sepatu flat dan sandal thong bertali juga merupakan pilihan yang baik.

Sebaiknya pilih sepatu yang menggunakan tali bersilangan atau sepatu berujung terbuka daripada sepatu yang tertutup. Ini akan memberi tampilan visual kaki yang ramping, sekaligus memberi ruang agar kaki dapat bernapas.

Pria dengan kaki lebar harus menghindari sepatu yang berujung sangat tumpul atau bulat. Pilih sepatu yang berujung tajam namun tetap membantu memberi ruang yang cukup bagi kaki yang lebar.

Kaki rampingĀ 
Jenis kaki ini ramping dari bagian tumit hingga ke ujung kaki dan pergelangan kaki proporsional sama atau lebih sempit. Pemilik kaki ini membutuhkan alas kaki untuk menahan berat di kaki mereka. Semua sepatu bertali dan longgar tanpa dukungan yang tepat membuat pemilik kaki ini sulit berjalan.

Sebaliknya, cobalah sepatu bertali yang mampu menunjang kaki di bagian depan. Balerina flat merupakan pilihan yang baik untuk kaki ramping. Dengan sedikit variasi, cobalah bereksperimen dengan sepatu bertumit seperti Mary Jane, French atau kitten heels.

Stiletto dan pumps juga baik dikenakan bersama gaun pendek, gaun bererekor atau pakaian resmi kantor. Sepasang sepatu platform memberi rasa nyaman sekaligus dukungan di kaki.

Pria dengan kaki ramping dapat mencoba sepatu runcing tetapi pastikan ujung sepatu tidak terlalu tajam. Untuk sentuhan segar, sepatu boot juga sempurna bagi si kaki ramping.

Kaki datar

Banyak orang merasa kaki mereka tidak memiliki lengkungan yang jelas. Hal ini membuat mereka kesulitan memakai sepatu yang memiliki banyak elevasi, karena kaki tidak mendapat dukungan yang dibutuhkan. Sebaiknya pilih sepatu yang memiliki bantalan dan lengkungan di bagian dalam sepatu.

Sepatu tertutup juga cocok digunakan bagi mereka yang tak memiliki lengkungan pada kaki. Cobalah sepatu bertali berwarna-warni, girly wedges dengan detail bunga atau warna gelap dan crossover straps. (eh)

Daftar Harga HP Oppo per 12 April 2024
Kondisi pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan

Ragunan Zoo Visitors Reach Over 65,000 during Eid Holidays

Ragunan Wildlife Park (TMR), South Jakarta recorded a total of over 65 thousand visitors on the second day of Eid holiday.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024