Dahlan Undang Bos Pengusaha Akhiri Ketegangan

Meneg BUMN Dahlan Iskan [CLOSE UP]
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanadi pagi ini bertemu dengan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan di kantornya. Keduanya membicarakan sinergi antara BUMN-swasta untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Sofjan menuturkan, pembangunan infrastruktur pada akhirnya tidak bisa tergantung kepada investor asing. Untuk itu, diperlukan peran BUMN dan swasta. "Tapi selama ini, jalan sendiri-sendiri, belum ada sinergi," katanya di Jakarta, Rabu 4 Januari 2012.

Menurut Sofjan, dalam pertemuan tadi Dahlan Iskan telah setuju melakukan sinergi dengan swasta dalam membangun infrastruktur yang efisien dengan melakukan investasi bersama-sama.

Nantinya, lanjut dia, perusahaan-perusahaan BUMN akan menjadi pendobrak, seperti pelabuhan Kalibaru, di mana Pelindo II menjadi pioner, kemudian membuka jalan bagi swasta untuk masuk. "Bentuknya bisa macam-macam, seperti joint venture. Yang penting, tidak jalan sendiri-sendiri agar efisien," ujar Sofjan.

Namun pertemuan tadi, kata Sofjan, belum membicarakan berapa angka investasi yang bisa disiapkan oleh swasta. Yang terpenting, baginya adalah pertemuan tersebut dapat mencairkan ketegangan antara BUMN dengan swasta selama ini.

"Nanti, tanggal 17 Januari mendatang, kami harapkan Pak Dahlan mau berbicara di depan para pengusaha APINDO untuk mencairkan hubungan yang kurang baik ini," tuturnya. (umi)

554 Kloter Jemaah Haji Reguler Sudah Dirilis, Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Pesan Menag di Hari Kenaikan Isa Almasih: Melayani Sesama dan Merajut Kebersamaan!

Hari ini umat Kristiani memperingati Kenaikan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Menag Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat kepada umat Kristen dan Katolik.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024