Bawa 1 Kg Sabu, WN Afrika Divonis 16 Tahun

Warga Malaysia Selundupkan Heroin dan Shabu
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews- Warga negara Afrika Selatan, Nomakorinte Christabell Nyolukana (46) harus menelan pil pahit lantaran divonis 16 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Denpasar karena terbukti bersalah menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 1 Kg ke Bali.

Hukuman itu dijatuhkan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Denpasar, Rabu 4 Januari 2012. Vonis mejelis hakim lebih tinggi satu tahun dari tuntutan jaksa yang meminta hakim menghukum terdakwa dengan pidana penjara 15 tahun.

Selain dibui 16 tahun, ia juga didenda Rp2 miliar subsider 1 tahun penjara oleh Majelis Hakim PN Denpasar yang diketuai Jhon Tony Hutauruk. "Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama enam belas tahun dikurangi masa tahanan," ujar Jhon Tony di Bali, Rabu, 4 Januari 2011.

Majelis hakim sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU)  I Putu Gede  Astawa, bahwa terdakwa terbukti bersalah mengimpor narkotika golongan I jenis sabu-sabu ke Bali.

Majelis hakim mengurangi hukuman dengan mempertimbangkan keterangan saksi-saksi maupun keterangan terdakwa yang dinilai saling bersesuaian dan menguatkan.

Keterangan saksi itu antara lain dari petugas Bea dan Cukai Ngurah Rai yang menangkap terdakwa tak lama setelah turun dari pesawat Qatar Airways dengan nomor penerbangan 638 dari Doha-Singapura-Denpasar pada 23 September 2011. Petugas yang melakukan penggeledahan menemukan sabu-sabu seberat 745 gram yang disimpan terdakwa di dalam saku celananya.

Petugas juga menemukan bungkusan lain yakni 158 gram dan 147 gram sabu-sabu yang disimpan tersangka di dalam bra berwarna merah muda, sehingga total berat narkotika yang dibawa terdakwa seberat 1 Kg lebih.

Hal yang memberatkan, kata Hakim Jhon, perbuatan terdakwa bertentangan dengan program Pemerintah Indonesia dalam memberantas peredaran gelap narkotika.

Atas vonis tersebut, terdakwa yang didampingi penasehat hukum Nyoman Ferry menyatakan pikir-pikir, sedangkan jaksa langsung menerima. (Laporan Bobby Andalan, Bali, eh)

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah
Rumah mewah Andika Perkasa viral di media sosial.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Rumah mewah berlantai enam milik mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menarik perhatian netizen. Rumah tersebut dianggap seperti istana pangeran Dubai.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024