RESENSI FILM

'Ummi Aminah', Tak Sekadar Film Religi

Film 'Ummi Aminah'
Sumber :
  • MVP Pictures

VIVAnews - Memiliki ribuan jamaah dan jadwal ceramah yang padat menjadi adegan pembuka dalam film 'Ummi Aminah'. Ummi Aminah (Nani Widjaya) adalah sosok ustadzah yang dicintai oleh jamaahnya. Dia merupakan ibu tujuh anak dari dua pernikahan yang berbeda.

Ummi Aminah tinggal bersama suami keduanya, Abah (Rasyid Karim) dan beberapa anaknya. Anak pertama Ummi, Umar (Gatot Brajamusti) tinggal dengan istrinya Risma (Yessy Gusman) dan anak mereka di rumah yang mewah. Keluarga Umar memang serba berkecukupan. Sayangnya, Risma adalah menantu yang sinis. Dia digambarkan tak punya hubungan yang harmonis dengan keluarga Ummi.

Sementara anak kedua Ummi, Aisyah (Cahya Kamila) tinggal bersama keluarga kecilnya di rumah yang sederhana. Dari suami keduanya, Ummi Aminah memiliki lima orang anak, yaitu Zarika (Paramitha Rusadi), Zainal (Ali Zainal), Zubaidah (Genta Windi), Zidan (Ruben Onsu) dan Ziah (Zee Zee Shahab).

Tujuh anak tersebut tentunya punya permasalahan masing-masing. Dan di sinilah letak cerita film 'Ummi Aminah'. Zarika digambarkan sebagai wanita karier yang sudah matang, sayangnya dia belum memiliki pendamping. Zarika justru terjebak dengan seorang pria beristri, yang tak lain adalah bawahannya di kantor. Gosip meruak, namanya jadi perbincangan dalam jejaring sosial, tentu saja Ummi Aminah ikut-ikutan terseret dalam rumor tersebut.

Pekerjaan Zainal sehari-hari adalah mengantar kemanapun Ummi-nya pergi. Ya, dia bak sopir pribadi bagi ibunya tercinta. Sang istri, Rini (Revalina S. Temat)  sedang mengandung anak keduanya dan Zainal berusaha mencari pekerjaan tambahan.

Zubaidah yang masih lontang-lantung sibuk menggaet cinta dari tetangga sebelah. Dia iri melihat adik bungsunya, Ziah, yang dipercaya menjadi asisten Ummi, sementara dirinya masih saja menganggur. Sedangkan Zidan, dia merasa sedih karena Abah-nya seolah tak pernah mengakui keberadaannya. Abah tak suka melihat Zidan yang bekerja di salon.

Konflik demi konflik muncul secara teratur dalam film besutan Aditya Gumay ini. Abah yang tertipu jual-beli tanah, Zarika yang terjebak cinta terlarang dan Zainal yang ditangkap Polisi gara-gara transaksi narkoba membuat Ummi merasa kalut dan sedih. Nama baiknya tercemar. Jamaah setianya satu demi satu pergi, tawaran mengisi ceramah juga semakin sedikit. Saking malunya, Ummi memutuskan untuk mundur dari dunia ceramah.

Prediksi Premier League: Manchester United vs Sheffield United

Melongok judulnya, tak sedikit yang berpikir 'Ummi Aminah' sama saja seperti film drama religi lainnya. Namun, 'Ummi Aminah' berhasil menyuguhkan cerita yang berbeda. Film ini berusaha menyuguhkan realita yang ada di balik sosok ustadzah yang dipuja.

Film-film Aditya selama ini dikenal berhasil memancing air mata penonton. Lantas bagaimana dengan yang satu ini? Sutradara yang pernah membesut 'Emak Ingin Naik Haji' itu kembali sukses meramu kisah ini dengan baik.

Tak hanya kisah yang berurai air mata, namun beberapa dialog lucu juga mampu mengundang tawa. Skenario yang ditulis oleh Aditya Gumay dan Adenin Adlan berhasil menghidupkan film ini. Jangan salah, meskipun film religi, romantika masa tua juga ikut menjadi bumbu di film ini, adegan juga dibuat sewajarnya tanpa bermaksud melebih-lebihkan.

Ibarat rollercoaster, Aditya Gumay berusaha menyelipkan beberapa kejutan yang mampu memancing emosi penonton. Dengan durasi 104 menit, film ini juga menampilkan bagaimana hubungan seorang ibu dengan anak-anaknya, bahwa seorang ustadzah juga manusia biasa.

Selain bintang-bintang di atas, Elma Theana dan aktris senior Atie Kanser juga turut memeriahkan film ini. Penasaran dengan filmnya? Film 'Ummi Aminah' mulai rilis hari ini, 5 Januari 2012 di bioskop Tanah Air. (eh)

Sopir Bus MGI yang Cekcok di Tol Bocimi dan Ngaku Anak Tentara Dinonaktifkan
Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024