Pemerintah: Selamat Tinggal Minyak Bumi

Kunjungan Menteri ESDM Jero Wacik Ke Depo Plumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Energi Sumber Daya Minerla (ESDM) berencana mengeksplorasiĀ  28 titik panas bumi sepanjang 2012. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan peran panas bumi dalam Energi Mix Indonesia dan mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi.

Menteri ESDM, Jero Wacik mengatakan bahwa tahun ini akan ada 28 titik eksplorasi di antaranya 10 titik di Sumatera, 14 titik di Jawa, dan di Nusa Tenggara dua titik.

"Kalau ditotal, potensi geothermal di 28 titik tersebut mencapai tujuh ribu Megawatt," kata dia di Istana Negara, Kamis 5 Januari 2012.

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket

Menurut Jero, selain panas bumi, untuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT), Kementerian ESDM juga sedang memetakan potensi air dan sungai yang ada di Indonesia.

Untuk tahap awal, kata dia, kementerian akan fokus menggali potensi air di danau dan sungai di wilayah Sumatera untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Untuk potensi matahari, lanjutnya, dalam waktu dekat ini Kementerian ESDM menargetkan lampu penerangan di seluruh ruas jalan tol di Indonesia akan diganti dengan panel surya.

Apindo Sebut Keputusan MK Beri Kepastian Investasi dan Ekonomi

"Saat ini, tol Jagorawi sudah mulai dan targetnya seluruhnya diganti panel surya sehingga tidak ada lagi lampu jalan yang menyambung ke PLN," katanya.

Langkah-langkah ini, menurut Jero, dilakukan sebagai cara membuat ketahanan energi Indonesia. Selain itu, pemerintah berencana mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi karena terus menurunnya produksi dan lifting minyak setiap tahun.

"Sumber daya energi kita akan terus naik, kecuali minyak. Untuk itu, kita pelan-pelan tinggalkan minyak," ujarnya. (eh)

TikToker Galih Loss dihujat netizen karena aksi prank ke ojol

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap Galih Loss.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024