Polda Aceh Amankan Pekerja Non Aceh

Korban penembakan di Aceh Besar
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Kepolisian Daerah Aceh akan melakukan pengamanan terbuka dan tertutup terhadap pekerja asal luar Aceh, mengingat aksi penembakan terhadap kalangan ini yang marak terjadi selama sepekan terakhir. Polisi masih terus mendalami rangkaian kasus penembakan misterius di Aceh.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh AKBP Gustav Leo mengatakan instruksi itu telah disampaikan kepada semua jajaran. Pengamanan ini, menurutnya, juga merupakan bentuk upaya preventif agar aksi penembakan terhadap pekerja tak terulang lagi.

"Kami sudah mendata titik-titik penempatan pekerja dari luar Aceh, dan akan melakukan pengamanan secara terbuka maupun tertutup," kata Gustav di Mapolda Aceh, Jumat 6 Januari 2011. Ia menyatakan polisi masih bekerja menyelidiki aksi penyerangan yang terjadi di Aceh mulai malam pergantian tahun hingga kemarin malam.

Sejauh ini, polisi mengkategorikan penembakan di Aceh sebagai kriminal murni, dengan alasan ekonomi. "Belum mengarah kepada politik. Kami masih menganggap ini terkait ekonomi," ujar Gustav. Apapun, imbuhnya, polisi belum bisa mengungkap motif sesungguhnya di balik aksi penembakan itu.

Ia menegaskan, motif baru bisa diungkapkan setelah hasil penyelidikan selesai. "Sampai saat ini masih kami selidiki dan dalami. Seluruh tim masih bekerja, dan baru bisa kami ungkapkan setelah pelaku ditangkap," kata Gustav. Rangkaian aksi penembakan terhadap pekerja di Aceh sejak malam tahun baru telah melukai 16 orang dan menewaskan 5 orang pekerja.

Sebelumnya, peristiwa penembakan juga terjadi pada 5 Desember 2011 di Kabupaten Aceh Utara yang menewaskan tiga orang pekerja perkebunan Sawit asal Sumatera Utara. Ada pula penembakan terhadap pekerja survei minyak Zaratex. Dua pelakunya telah berhasil ditangkap polisi, dan diduga memiliki keterkaitan dengan rentetan aksi penembakan lainnya. (Laporan: Riza Nasser, Aceh | kd)

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi
Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai menjalani sidang dakwaan

Kado Mewah SYL untuk Undangan Nikahan yang Pakai Dana Kementan, Ada Bros dan Cincin Emas

Mantan pejabat Kementerian Pertanian mengungkapkan Syahrul Yasin Limpo (SYL) turut memberikan kado undangan nikahan yang mewah berupa bros hingga cicin emas.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024