Antisipasi Banjir, PU Wanti-wanti Pejabatnya

Pondok Labu Kembali Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Pekerjaan Umum menginstruksikan kepada Kapala Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengendalian Banjir dan Perbaikan Sungai untuk mengantisipasi meluasnya bencana banjir yang akhir-akhir ini terjadi di berbagai daerah.

Kisah Inspiratif dari UTBK Unesa: Peserta Berinfus dan Pakai Selang Demi Menggapai Cita-cita

"Peralatan berat dan para pelaksana lapangan harus disiagakan penuh di daerah-daerah rawan bencana, agar sewaktu-waktu bisa dikerahkan jika terjadi kondisi darurat," kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, di kantornya, Jakarta, Jumat, 6 Januari 2012.

Dalam instruksinya kepada para pejabat di lingkungan Kementerian pekerjaan Umum, Djoko menegaskan agar aparatnya untuk segera memeriksa ulang semua bangunan pengaman, pengendali banjir, saluran, dan drainase agar berfungsi layak.

Djoko juga menginstruksikan kepada aparat di lapangan untuk segera mengecek kondisi infrastruktur pekerjaan umum yang mungkin terkena dampak banjir seperti jalan, jembatan, bendung, waduk, embung dan saran lainnya.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir, sejumlah daerah seperti Sukoharjo, Kota Solo mengalami banjir karena Sungai Bengawan Solo. Luapan sungai itu juga membuat daerah lain di sekitarnya terkena dampak luberan air tersebut.

Di kawasan lain, banjir juga melanda daerah di Kabupaten Brebes yang telah menggenangi ribuan rumah dan ratusan hektar sawah dan tambak.

Sosok Jenderal TNI Bintang 1 Termuda, Eks Pentolan Grup 2 Kopassus

Tak hanya di Jawa, banjir juga melanda kawasan Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Belu karena meluapnya Sungai Benenain. Bahkan banjir juga sempat menimpa kawasan di berbagai daerah di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won

Terpopuler: Bukti Kencan Kim Soo Hyun-Kim Ji Won, Teuku Ryan Dibawa Berobat dan Ruqyah

Teuku Ryan yang mulai buka suara seputar permasalahan rumah tangganya dengan Ria Ricis usai resmi bercerai juga tak kalah bikin heboh. Belum lagi soal kabar Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024