Harga Sewa Perkantoran RI Cetak Rekor

Gedung Perkantoran
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Colliers International mengungkapkan harga sewa perkantoran di Jakarta pada 2012 akan terus meningkat seiring melonjaknya permintaan dari masyarakat.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

"Kenaikan rental di perkantoran tidak akan berhenti. Kami melihat akan terus mengalami kenaikan permintaan dan optimis akan tetap baik," kata Associate Director Research Colliers International, Ferry Salanto, di Jakarta, Senin 9 Januari 2012.

Ferry mengatakan, pada tahun ini, sekitar 60 persen gedung perkantoran sudah terserap oleh para penyewa. Saat ini, para penyewa tersebut tinggal menunggu pembangunan gedung tersebut selesai. "Kalau sisanya 40 persen belum terserap," ujarnya.

Kendati demikian, untuk permasalahan perkantoran, Ferry mengakui pasokan gedung sangat terbatas di tengah permintaan yang terus meningkat. "Sehingga mencari perkantoran sangatlah sulit dan banyak yang memperebutkan," katanya.

Selama 2011, Colliers mencatat tingkat hunian perkantoran meningkat 94 persen dibandingkan tahun lalu. Pada 2010, kenaikan tingkat hunian kantor mencapai 89 persen. "Penyebab utamanya karena kurangnya pasokan," katanya.

Menurut Ferry, peningkatan harga sewa perkantoran pada 2011 sebesar 25 persen merupakan kenaikan yang signifikan. Pada tahun sebelumnya, kenaikan harga sewa perkantoran hanya mencapai 14 persen.
 
"Ini merupakan sejarah office selama 5 tahun sebelumnya. Untuk penawarannya, dalam bentuk rupiah hanya 30 persen, sedangkan sisanya dalam dolar AS," katanya. (art)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024