India-ASEAN Jajaki Kerjasama Wisata

Liburan tahun baru di Borobudur
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Pertemuan Forum Turisme ASEAN (ASEAN Tourism Forum) 2012 di Manado menggelar pertemuan India-ASEAN tingkat Working Group, Senin, 9 Januari 2012. Dalam pertemuan ini, India menjajaki kerjasama pariwisata dengan ASEAN.

Pertemuan secara bilateral antara ASEAN dan India dipimpin oleh 2 Co-Chairman, Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wardiyatmo, yang mewakili Pihak ASEAN, dengan Sekretaris I Kedutaan Besar India di Jakarta, Nikhilesh Giri.

Kedua belah pihak sepakat kelanjutan hubungan India–ASEAN dalam bidang Pariwisata semakin signifikan dengan melihat  data kunjungan wisatawan India ke ASEAN pada 2010 sebesar 2,44 juta wisatawan. Angka ini naik dari 2,1 juta wisatawan pada 2009.

Selain itu, untuk mengembangkan dan memperdalam hubungan ASEAN–India di bidang Pariwisata, telah disepakati urgensi untuk menyusun payung kerja sama berupa Memorandum of Understanding (MoU) ASEAN-India on Tourism Cooperation.

Secara khusus sidang membahas Memorandum of Understanding ASEAN–India Tourism Cooperation, yang direncanakan dapat ditandatangani oleh para Menteri Pariwisata negara-negara anggota ASEAN dan Menteri Pariwisata India pada tanggal 12 Januari 2012.

Pihak India sangat mengharapkan agar MoU ini dapat ditandatangani oleh kesepuluh negara anggota ASEAN beserta India di ATF Manado. Ini mengingat kesempatan bertepatan momentum peringatan hubungan bilateral India-ASEAN yang ke-20.

Menteri Pariwisata India bahkan dijadwalkan datang langsung ke Manado untuk menandatangani MoU pada momen bersejarah tersebut.

India sebagai anggota kekuatan ekonomi baru yang bergabung dalam kelompok BRIC (Brazil Rusia India dan Cina) adalah pemain global yang kuat sehingga ke depan merupakan mitra ASEAN yang strategis.

Demikian pula sebaliknya, ASEAN yang beranggotakan negara-negara yang sedang tumbuh dengan populasi setengah miliar, termasuk Indonesia di dalamnya, adalah pasar yang besar bagi India ke depan.

Gerindra Ragu PDIP Bakal Oposisi, Bambang Pacul: Suka-suka Dia

Lingkup kerja sama dari MoU tersebut merupakan manifestasi dari peluang-peluang yang ada di kedua belah pihak yang dapat terus dikerjasamakan secara saling menguntungkan.

MoU itu memungkinkan kedua belah pihak untuk, antara lain membuka pasar melalui promosi bersama, peningkatan sumber daya manusia pariwisata melalui aktifitas capacity building, pengembangan paket-paket wisata baru melalui kerja sama product development.

Secara umum sidang membahas perkembangan pariwisata baik di India maupun ASEAN. Sebagai langkah menarik wisatawan India untuk berkunjung ke ASEAN, dibentuk ASEAN Promotional Chapter on Tourism (APCT) di Mumbay yang kini dalam proses penyelesaian akhir.

Pertemuan ASEAN–India Working Group selanjutnya akan dilaksanakan di Johor Baru, Malaysia bulan Juni 2012. Di pertemuan itu, kedua perwakilan berharap, pada tahun ini APCT Mumbay akan dapat beroperasi dan melaksanakan kegiatannya pada tahun ini. (Laporan Roger Wenas|Manado)

Ilustrasi audio mobil

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Produk audio mobil sampai saat ini masih menjadi buruan masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024