Kemampuan Otak Melemah di Usia 45 Tahun

Alzheimer atau pikun
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Kemampuan otak menurun seiring pertambahan usia. Karenanya, lumrah saat melihat banyak orang tua mengalami penurunan daya ingat atau pikun.

Studi University College London memperlihatkan penurunan kemampuan fungsi otak sekitar 3,6 persen pada usia 45-49 tahun. Lebih cepat dibandingkan studi terdahulu yang memperlihatkan penurunan fungsi otak saat usia 60 tahun.

Melibatkan sekitar 7.000 pria dan wanita usia 45-70 tahun, studi dilakukan dengan serangkaian uji memori otak selama 10 tahun. Mulai dari uji kemampuan mengingat kosakata dan kemampuan memahami melalui audio visual.

Tingkat penurunan terbesar terjadi pada pria usia 65-70 tahun, sebesar 9,6 persen. Sementara pada wanita usia sama, penurunan kemampuan otak sekitar 7,4 persen.

Profesor Archana Singh-Manoux dari Pusat Penelitian Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat Perancis, yang memimpin studi, mengatakan bahwa hasil studi tersebut membuktikan penurunan kognitif selama 20-30 tahun bisa memicu demensia.

Masyarakat Alzheimer menyebut penelitian tersebut penting untuk mengetahui bagaimana perubahan fungsi otak dapat membantu diagnosis demensia.

"Sangat penting untuk mengidentifikasi faktor risiko dini," kata Dr Anne Corbett dari Masyarakat Alzheimer, seperti dikutip Daily Mail. "Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membantu memahami perubahan terukur dalam otak yang dapat membantu kami memperbaiki diagnosis demensia."

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024