Bayi Menangkap Percakapan Lewat Nada Suara

ibu dan bayi.
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Tidak mudah menerjemahkan arti tangis bayi. Kita hanya bisa menerka tangisannya sebagai bentuk ekspresi rasa tidak nyaman, seperti popok basah, lapar, mengantuk, lelah, takut, atau sakit. Sementara bayi justru lebih menangkap perkataan orang dewasa, meski dalam bahasa asing.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi berusia 12 bulan mampu memberikan respons terhadap suara ibunya, meski sang ibu berbicara dalam bahasa yang berubah-ubah. Ini membuktikan kalau bayi mengandalkan nada suara dibandingkan kata-kata.

Seperti dilansir dari Daily Mail, tim peneliti dari Universitas Cardiff mencoba mengamati reaksi bayi saat melihat ibu mereka bermain dengan menggunakan bahasa Inggris dan Yunani, 'whoops' dan 'there'.
Hasilnya, reaksi bayi cenderung sama meski sang ibu menggunakan bahasa yang berbeda.

"Penelitian ini menunjukkan kalau bayi dapat memahami kata-kata hanya dengan menggunakan nada suara," ujar pemimpin penelitian Dr Merideth Gattis.

Diterbitkan dalam jurnal Cognitive Development, penelitian ini melibatkan 84 bayi berusia 14 hingga 18 bulan, tanpa satu pun bayi pernah mendengar bahasa Yunani.

Dr Gattis mengatakan bahwa anak merespons nada suara ibu sebagai sebuah petunjuk. "Nada suara adalah petunjuk yang berguna untuk membaca apa yang seseorang pikirkan."

Menurutnya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak penting apa yang orangtua katakan, yang lebih penting adalah bagaimana menyampaikannya.

"Anak Anda meminta pujian dari apa yang digambarkannya. Anda mungkin mengatakan 'bagus sekali', tapi jika Anda tidak mengatakannya dengan nada antusias, dia mungkin tidak akan menerima maksud perkataan Anda secara keseluruhan," ujarnya.

Pada tahap kehidupan sebelum anak-anak mengerti kata dan bahasa, nada suara orangtua yang berbicara dengan mereka. Karenanya, selalu ajak bayi Anda berbicara, "Anda tak perlu khawatir tentang apa yang
harus Anda katakan, tapi perhatikan nada bicara Anda."

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia
DPC PKB Kota Malang membuka pendaftaran Bacawali di Pilkada 2024

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

PKB Kota Malang akan mengusulkan 4 nama ke DPP PKB.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024