Cara Jitu Redakan Sakit Tenggorokan

Wanita flu.
Sumber :

VIVAnews - Udara kering, flu, cuaca buruk akan dengan mudah membuat Anda mengalami sakit di tenggorokan. Tak perlu langsung mengkonsumsi obat-obatan demi menghilangkan gejala menjengkelkan ini.

"Bahan alami benar-benar pereda yang baik untuk sakit tenggorokan," kata Benjamin Asyer, MD, PC; anggota Committee on Complementary and Integrative Medicine, dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, sebagaimana dikutip dari prevention.com.

1. Lindungi tenggorokan


Campuran satu sendok makan madu, air hangat dengan perasan lemon, selalu bisa jadi andalan untuk mengurangi sakit tenggorokan. Ramuan ini, merupakan pelindung bagi tenggorokan. "Campuran ini bisa meredakan iritasi di tenggorokan," kata Asyer.

2. Berkumur

Berkumur dengan air garam bisa membantu mengurangi sakit tenggorokan, yang disebabkan oleh iritasi seperti udara kering atau alergi. Campuran licorice dengan air hangat juga dapat dijadikan obat kumur. Atau, ramuan lainnya adalah dengan mencampur sendok makan cuka apel dengan air hangat.

Cara ini lebih berfungsi sebagai pembersihan dan meredakan sakit tenggorakan secara bersamaan. Anda bisa melakukannya pada pagi hari atau  ketika tenggorakan mulai terasa nyeri.

3. Pencegahan


Dibandingkan pengobatan, pencegahan tentu selalu lebih baik. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan di pagi hari, bisa jadi disebabkan kondisi mulut kering, saat napas melalui mulut di malam hari.

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Pemicu lainnya adalah naiknya asam lambung saat Anda sedang tidur. Untuk mencegah naiknya asam lambung dan tenggorokan kering, tidurlah dengan posisi bantal lebih tinggi dari biasanya.

Dukung pemerintah pencapaian ekonomi 2024

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Perlu adanya transformasi struktural dengan kuatkan pasar dalam negeri, sebut saja salah satunya transformasi digital untuk penguatan rantai pasok dan logistik nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024