Renovasi Ruang Rapat DPR Disinyalir Rp 20 M

Paripurna DPR bahas usul hak angket Century
Sumber :
  • VIVAnews/Anggi Kusumadewi

VIVAnews - Setelah ramai dengan pemberitaan renovasi toilet DPR sebesar Rp 2 miliar, isu renovasi kembali menyoroti gedung wakil rakyat. Kali ini soal rupat, yang nilai renovasinya dikabarkan mencapai Rp 20 miliar.

Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) melansir  bahwa anggaran sebesar Rp 20 miliar disiapkan untuk memindahkan ruang rapat Badan Anggaran DPR. Ruang rapat Banggar ini akan dipindahkan dari Nusantara I ke Nusantara II.

"Padahal Ruang rapat  Banggar di Nusantara I sebetulnya masih layak untuk dipergunakan sebagai rapat anggota Banggar," kata Kordinator Investigasi dan Adokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, dalam rilis yang diterima VIVAnews, Selasa, 10 Januari 2011.

Anggaran renovasi ruang rapat, menurut data FITRA, terdapat dalam surat dengan nomor pengumuman lelang 523111/MUM_U/BANGGAR/03/GP/2011 dengan alokasi anggaran sebesar Rp.20.370.893.000.

FITRA menilai rencana renovasi itu sebagai pemborosan anggaran. Apalagi, saat ini banyak rapat Banggar yang dilakukan di luar gedung DPR bahkan lebih sering.  "Daripada di Gedung DPR lebih banyak rapat di luar gedung DPR alias rapat di hotel-hotel mewah," ucap Uchok.

"Seharusnya orang-orang Banggar, pada tahun 2012 bukan mengutamakan pembangunan ruang rapat, tetapi lebih mengutamakan dan memperjuangkan kebijakan anggaran pro rakyat," lanjutnya.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR Pius Lustrilanang mengaku belum mengetahui soal anggaran perpindahan ruang renovasi Banggar DPR. Menurut Pius, masalah anggaran baru akan dibahas hari Kamis pekan ini.

"Saya tidak mengerti itu," ucap Pius, saat dihubungi Selasa malam, 10 Januari 2011. "DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) baru akan dibahas Kamis secara mendetail," lanjutnya.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR

Hari ini menjadi hari terakhir layanan Posko THR 2024. Setelah Posko ditutup, Kemnaker bersama dinas-dinas ketenagakerjaan akan menindaklanjuti aduan-aduan THR yang masuk

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024