Murah Mana, Gas Pertamina atau Pertamax

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah menetapkan subsidi pada vi-Gas Rp1.000 per liter setara premium (LSP), sehingga harga Vi-Gas saat ini menjadi Rp5.600 per LSP. Vi-Gas merupakan merek produk bahan bakar gas cair untuk kendaraan (LGV) milik PT Pertamina.

"Ini sebagai diskon," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo saat berbincang dengan VIVAnews.com di ruang kerjanya, di Kementerian Energi, Jakarta, Rabu pagi, 11 Januari 2012.

Harga ini masih kompetitif dibandingkan dengan bensin tak bersubsidi, seperti Pertamax yang saat ini dipatok Rp8.600 per liter. "Belum lagi oktan gas jauh lebih baik, yaitu 98. Sedangkan Pertamax cuma 92-93," katanya.

Sementara itu, dalam keterangan resminya, PT Pertamina menyatakan harga jual Vi-Gas akan selalu berubah mengikuti harga elpiji internasional, dalam hal ini CP Aramco, dan kurs rupiah terhadap dolar AS. "Sehingga ke depan, harga jual LGV (Vi-Gas) akan berfluktuasi dengan besaran subsidi yang konstan," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Mochamad Harun.

“Formula harga Vi-Gas mirip dengan formula BBM bersubsidi saat ini. Jika pada BBM adalah Mean of Platts Singapore (MOPS) + Alpha, maka pada gas cair untuk kendaraan (LGV) pun akan mirip yaitu CP Aramco + Betha."

Dengan harga keekonomian ini diharapkan akan mendorong SPBU untuk melakukan investasi penyiapan sarana Vi-Gas, sehingga memperbanyak ketersediaan SPBU yang bisa melayani penjualan gas.

Pemerintah menargetkan jumlah kendaraan yang dikonversi menggunakan Vi-Gas mencapai 250 ribu kendaraan di Jawa dan Bali, yang terdiri dari kendaraan umum sebanyak 200 ribu dan kendaraan pribadi roda empat yang memiliki mesin di bawah 1.500 cc sebanyak 50 ribu unit.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2009, harga jual Vi-Gas tidak mengalami perubahan harga, yaitu Rp3.600 per LSP. Ini merupakan harga promosi sehingga belum mencerminkan harga pasar, hanya sebagai upaya memperkenalkan bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

Saat ini, penjualan Vi-Gas telah dilakukan di 10 SPBU Pertamina dengan penjualan yang relatif rendah, yaitu 24.000 LSP per bulan. Pertamina berencana menambah SPBU yang bisa melayani penjualan Vi-Gas sebanyak sembilan unit dalam waktu dekat. (sj)

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City
Emil Audero Mulyadi rayakan Scudetto Inter Milan

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

 Inter Milan sukses memastikan diri merebut Scudetto Serie A yang ke-20. Ternyata, ada 'orang Indonesia' yang ikut membantu La Beneamata merebut bintang kedua.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024