HIPMI: Waspadai Asing Rebut Pasar RI

Kue jajanan pasar
Sumber :

VIVAnews - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengingatkan semua pihak untuk waspada terhadap potensi pengambilalihan pasar di Tanah Air oleh pihak asing menjelang ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015.

Menurut Ketua Umum HIPMI, Raja Sapta Oktohari, dekatnya jangka waktu antara penerapan AEC dan Pemilu 2014 membuat perhatian teralihkan. Disinyalir, euforia masyarakat akan beralih dari perdagangan ke politik.

"Saat perhatian Indonesia sibuk politik, maka negara tetangga akan bersiap-siap masuk ke Indonesia sebagai pemilik pasar terbesar," ujar dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu 11 Januari 2012.

Sejauh ini, dia menambahkan, Indonesia telah memiliki kapasitas pada sektor usaha kecil dan menengah. Namun, masih terdapat kekurangan pada sektor ini yang perlu mendapat perhatian pemerintah.

"Tetapi, permasalahan terdapat di akses. Para investor saat ini kerap kesulitan berinvestasi karena rumitnya birokrasi," tuturnya.

Sebagai langkah antisipasi, dia melanjutkan, pihaknya secara pribadi berusaha menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memupuk semangat perdagangan. HIPMI saat ini memiliki program untuk mengajak setiap orang menjadi pengusaha.

"Ini yang menjadikan semangat program 'Ayo Menjadi Pengusaha' dilakukan," imbuhnya. (art)

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata
Eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjawab pertanyaan soal pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terhadap profesi dalam kolom komentar di media sosialnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024