Genjot Pariwisata, ASEAN Longgarkan Visa

Liburan tahun baru di Borobudur
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Dalam upaya mempermudah konektifitas antar negara Association of South East Asian Nations (ASEAN), para menteri pariwisata se-ASEAN sepakat untuk mempercepat program ASEAN Framework Agreement for Visa Exemption. Program tersebut memungkinkan adanya pelonggaran persyaratan pembuatan visa bagi warga ASEAN.

Hal ini terwujud saat penyelenggaraan acara pertemuan ke-15 Menteri Pariwisata ASEAN di Manado. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2012.

Para menteri turut menyambut baik rencana mengembangkan visa umum ASEAN d imana diperuntukan untuk masyarakat di luar regional. Visa umum diharapkan dapat menjadi penyokong pembangunan Komunitas ASEAN.

"Para Menteri menjanjikan dukungan kuat  untuk inisiatif ini, dan menugaskan pejabat tinggi mereka untuk secara aktif mengambil bagian dalam pelaksanaan studi komprehensif untuk mengidentifikasi batasan waktu yang diperlukan dalam pembentukan visa umum ASEAN yang akan dilaporkan pada KTT ASEAN ke-23," ujar keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Rabu 11 Januari 2012.

Sektor pariwisata ASEAN sejauh ini tetap menarik bagi turis asing. Hal ini ditunjukan dengan 73,8 juta turis asing tahun lalu. Angka ini bertumbuh sebesar 12,29 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Sedangkan intra-ASEAN travel mempertahankan posisinya sebagai penyumbang utama wisatawan, 43 persen dari jumlah kedatangan internasional," tuturnya.

Hal inilah yang melatarbelakangi diperlukannya pelonggaran pembuatan visa. Kemudahan diyakini semakin menggenjot sektor pariwisata tumbuh positif di masa mendatang.

Selain itu, lanjutnya, para menteri turut menyepakati pengembangan sumber daya manusia, produk, pemasaran serta peningkatan kualitas layanan dalam sektor pariwisata.

"Para Menteri mendukung pembentukan ASEAN Tourism Market Research Group (ATMRG) yang akan melaksanakan analisis tren pemasaran, situasi dan masa depan pariwisata ASEAN. Hasil tersebut akan dimanfaatkan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pemasaran bersama ASEAN di masa depan," terangnya.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Laporan: Roger Wenas | Manado, umi

PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024