10 Hotel Indonesia Bertarung di ASEAN Award

Bali, Indonesia
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Indonesia mengusulkan 10 hotel yang ada di tanah air, 5 di antaranya di Bali, untuk bertarung dalam ASEAN Green Hotel Award 2012. Kesepuluh hotel ini akan bersaing dengan 71 hotel lain di 9 negara ASEAN.

Kesepuluh hotel tersebut adalah Matahari Beach Resort & Spa (Bali), Discovery Kartika Plaza Hotel (Bali), Holiday Inn Resort  (Batam), Angsana Bintan, Melia Benoa Bali, Losari Spa Retreat & Coffee Plantation, The St Regis Bali Resort, The Dharmawangsa Jakarta, dan Hotel Gran Melia Jakarta.

Dalam ASEAN Green Hotel Award 2012 yang menjadi bagian ASEAN Tourism Forum 2012 di Manado, Sulawesi Utara, Brunei Darussalam mengusulkan satu hotel, Kamboja 10 hotel, Laos 10 hotel, Malaysia 10 hotel, Myanmar 10 hotel, Filipina 2 hotel, Singapura 10 hotel, Thailand 10 hotel dan Vietnam 10 hotel.

ASEAN Green Hotel Award merupakan penganugerahan yang diselenggarakan oleh negara-negara anggota ASEAN, sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap berbagai pihak pelaku industri yang berkecimpung di bidang usaha perhotelan yang melaksanakan prinsip ramah lingkungan.

Keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Kamis malam, Green Award diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Prinsip ramah lingkungan menjadi aspek utama penilaian, sebagaimana yang diatur dalam dokumen yang menggagas ASEAN Green Hotel Standard, seperti yang telah disepakati bersama oleh seluruh negara anggota ASEAN sejak pertama kali dirancang di tahun 2007.

Dokumen ini mencakupi sejumlah kriteria dan persyaratan utama sebagai berikut:
· Kebijakan lingkungan dan aktivitas pengoperasian hotel
· Pemanfaatan dan penggunaan green products
· Kerjasama dengan masyarakat dan organisasi lokal
· Human resources development
· Solid waste management
· Energy efficiency
· Water efficiency
· Air quality management (indoor and outdoor)
· Noise pollution control
· Waste water treatment and management
· Toxic and chemical substance disposal management

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Laporan: Roger Wenas | Manado

Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024