Ciputra Bangun Puluhan Hotel Bintang Tiga

Hotel Ciputra
Sumber :
  • www.ciputraproperty.com

VIVAnews - PT Ciputra Property Tbk berencana untuk membangun 20 hotel berbintang dua dan tiga di berbagai kota hingga tiga tahun mendatang.

Direktur Ciputra Property, Artadinata Djangkar, mengatakan, perseroan telah menyiapkan anggaran untuk masing-masing hotel senilai Rp35-45 miliar.

"Tahun ini, tiga yang pasti, di Bandung, Yogyakarta, dan Semarang. Tiga lagi di Kalimantan dan Sumatera," kata Artadinata ketika konferensi pers di Ciputra Marketing Gallery, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2012.

Untuk tahun ini, Artadinata melanjutkan, Ciputra Property baru menyiapkan enam kota bagi pembangunan hotel, sedangkan sisanya akan dibangun secara bertahap hingga mencapai 20 hotel. "Sekarang target enam hotel, sisanya tahun depan. Sebanyak 20 hotel diharapkan selesai 2-3 tahun," ujar dia.

"Anggaran pembangunan hotel ini nilainya nggak signifikan. Untuk Bandung, Semarang, dan Yogyakarta tanah sudah ada. Masing-masing sekitar 1.000 meter persegi dan semuanya beli, bukan sewa," imbuhnya.

Dana sekitar Rp35-45 miliar per hotel itu, menurut Artadinata, termasuk untuk pembelian tanah dan konstruksi bangunan. Sementara itu, untuk pengelola hotel, Ciputra akan membentuk sendiri anak usaha yang hingga saat ini masih dalam tahap finalisasi.

"Per hotel kira-kira antara 120-140 kamar, kelasnya antara bintang 2-3," ungkapnya.

Artadinata beralasan, Ciputra Property membangun hotel bukan sekadar mengikuti tren. Namun, pengembangan usaha itu memang melihat peluang yang ada. Di China dan India, dengan populasi dan tingkat perekonomian yang tinggi, dinamika perusahaan yang menggunakan hotel akan semakin baik.

"Perusahaan yang akan mengirim orang, nggak hanya level tinggi saja. Tapi setingkat direktur juga membutuhkan perjalanan dinas dan penginapan. Belum lagi harga tiket airlines makin murah, mobilitas makin tinggi, dan turis makin banyak," kata dia. (art)

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi
Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024