Massa Papua Barat Tuntut Dialog Jakarta-Papua

Aksi Demo Warga Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Puluhan warga Papua Barat menuntut penyelesaian berbagai masalah di Papua secepat mungkin dan pelaksanaan dialog Jakarta-Papua. Apabila tuntutan itu tidak direalisasikan, maka mereka melarang Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) melaksanakan kegiatannya.

UP4B adalah adalah pelaksana Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 dan 66 Tahun 2011 tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat. Sejak kemarin hingga hari ini, Kamis 12 Januari 2012, sosialisasi tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat berlangsung di Papua.

Rabu, 11 Januari 2012 kemarin, sosialisasi dilakukan di Ibukota Papua, Jayapura. Sementara hari ini sosialisasi berlangsung di Ibukota Papua Barat, Manokwari. Sosialisasi hari ini lah yang mendapat protes dari warga Papua Barat.

Demonstran di Manokwari membawa sejumlah spanduk yang antara lain bertuliskan ‘Menolak Keberadaan MRP (Majelis Rakyat Papua) di Provinsi Papua Barat,’?’Menolak tim UP4B dari Jakarta,’? ’Menolak pertemuan antara Pemprov Papua Barat, Majelis Rakyat Papua Barat, dan Tim UP4B.’

“Kami minta UP4B ditunda dan tidak bekerja sebelum adanya dialog Jakarta Papua. Ini sesuai dengan hasil pertemuan kami dengan Presiden, di mana Presiden menyatakan UP4B akan ditunda,” ujar Melkianus Bleskadit, salah seorang perwakilan pengunjuk rasa.

Ketua Tim UP4B Letjen Bambang Darmono kemudian mengundang perwakilan pengunjuk rasa, antara lain Ibu Yatipai Ibo, Markus Yenu, Melkianus Bleskadit, dan anggota MRP Barat, untuk melakukan pertemuan tertutup. Tim UP4B juga menunda acara sosialisasi.

Usai mengadakan pertemuan tertutup, Bambang Darmono mengatakan, dirinya sebagai Ketua UP4B belum pernah mendapat instruksi dari Presiden untuk menunda sosialisasi maupun kegiatan unitnya.

“Selaku Ketua UP4B, saya belum mendapat perintah dari Presiden untuk menghentikan segala kegiatan. Tapi pengunjuk rasa yang terdiri dari tokoh agama dan masyarakat mengklaim, Presiden telah setuju menunda pelaksanaan UP4B. Ini akan kami cek sekaligus melaporkannya kepada Presiden, dan sementara menunda sosialisasi dan kegiatan,” kata Bambang.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua, eh

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024