"Aneh, Pimpinan DPR Tak Tahu Proyek Renovasi"

Ketua DPR Marzuki Alie pimpin rapat bahas proyek gedung
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Renovasi berbagai fasilitas di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat mulai dari toilet senilai Rp2 miliar dan ruangan Badan Anggaran senilai Rp20 miliar semakin menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat ke parlamen. DPR dinilai tidak dapat melaksanakan tugas utama dengan baik yaitu penganggaran, pengawasan dan pembuatan undang-undang, justru menghambur-hamburkan uang rakyat.

"Kalau sudah begini ganti saja nama lembaga legeslatif menjadi lembaga renovatif karena sesuai dengan apa yang dikerjakan dewan," kata Ari Dwipayana, analis politik dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Jumat, 13 Januari 2012.

Kesan DPR sebagai lembaga yang menghambur-hamburkan uang rakyat, kata Ari, juga terlihat ketika wakil rakyat yang terhormat ini menggelar rapat di hotel berbintang. Padahal mereka sudah mempunyai fasilitas ruangan untuk melakukan rapat.

"Kalau sudah begitu apa fungsinya gedung DPR ketika sudah direnovasi namun rapat digelar di luar gedung DPR. Ini sama saja menghambur-hamburkan uang rakyat," katanya.

Renovasi ruangan rapat banggar dengan nilai mencapai Rp20 miliar ini, menurut Ari, seperti keledai yang terperosok dalam lubang yang sama karena permasalahan ini sering berulang di DPR.

"Yang aneh adalah ketua DPR yang mengaku tak tahu-menahu tentang renovasi ruangan rapat banggar dan justru menyalahkan sekretariat DPR. Ini lucu dan aneh," katanya. "Ini adalah kegiatan cuci tangan dari pimpinan dewan."

Ketua DPR Marzuki Alie sendiri mengaku tak tahu renovasi ruang Badan Anggaran menelan dana Rp20 miliar. Marzuki mengaku tersakiti, sehingga melaporkan Sekretaris Jenderal DPR, Nining Indra Saleh, yang bertanggung jawab atas proyek senilai Rp20 miliar itu ke Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta (hp).

 Aghniny Haque

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, akan resmi tayang di bioskop Tanah Air pada 22 Mei 2024. Sebelumnya, film tersebut mendapat sambutan positif di Jakarta Film Week.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024