Aturan Pembatasan BBM Keluar Besok

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik,
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memastikan revisi Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2005 jo Perpres 9 tahun 2006 dan rancangan perpres diversifikasi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas akan selesai Selasa, 17 Januari 2012.

"Saat ini, revisi perpresnya sedang ditandatangani oleh menteri-menteri terkait, dan besok akan keluar," kata Jero Wacik di sela rapat dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat-RI di Jakarta, Senin 16 Januari 2012.

Menteri-menteri terkait yang menandatangani revisi perpres tersebut antara lain Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Perindustrian dan Menteri ESDM. "Jadi, tidak ada yang namanya saling lempar seperti yang diberitakan," katanya.

Ia menjelaskan, tadi pagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpesan agar pembatasan BBM bersubsidi ini harus mencerminkan keadilan dan mengutamakan industri dalam negeri, khususnya dalam pembuatan converter kit  --alat pengubah konsumsi bahan bakar dari minyak ke gas. Namun, saat ini sangat sulit jika seluruh converter kit harus diproduksi di dalam negeri.

"60 persen dalam negeri, 40 persen impor. Kalau bisa semuanya nanti dalam negeri. Pada 2014, semua mobil keluar dari pabrikan sudah built in converter kit," katanya.

Ia telah mewajibkan kepada seluruh Eselon I Kementerian ESDM dan lembaga-lembaga di luar ESDM untuk memasang converter kit di mobilnya. Sementara itu, mobil pribadinya, hari ini dibawa ke bengkel untuk dipasang converter kit.

"Mulai pekan ini kami mencoba agar lebih tahu secara riil kesulitan menggunakan converter. Saat ini, sudah ada beberapa yang menggunakan dan ada komentar bagus, seperti lebih bagus mesinnya, lebih irit, suhu relatif lebih dingin, dan memperpanjang umur mesin karena tidak ada kerak," katanya. "Kekurangannya kapasitas bagasi berkurang karena ada tangki gas." (art)

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024