Setelah ATM Bersatu, Selanjutnya Mesin EDC?

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews- Ketua Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono berharap setelah penyatuan jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) maka penyatuan jaringan berikutnya bisa dilakukan di electronic data capture (EDC) atau mesin gesek kartu kredit dan kartu debit.

"Jaringan berikutnya lagi EDC. Kalau melihat di kasir kan banyak, EDC berjejer. Nanti itu juga akan dijangkau. Jika bank besar mau bergabung, memang saatnya sekarang kerjasama," ujar Sigit di Bank Indonesia, Senin, 16 Januari 2011.

Dulu, lanjut dia, jika bank besar investasi sendiri-sendiri, namun sekarang makin terbuka. Bank tinggal menyediakan jasa pembayaran dan efisiensi lainnya di fungsi intermediasi seperti perkreditan dan dana.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

"Kalau awal-awal mereka pasti akan menikmati dulu karena mereka sudah investasi, menikmati daya saing dengan jumlah jaringan yang besar. Sekarang investasi sudah terbuka," ujarnya.

Menurutnya semakin efisien bank, maka biaya yang dikenakan ke nasabah semakin turun. Dari sisi nasabah, selain memudahkan karena jumlah ATM lebih banyak, nantinya biaya transaksi akan turun.

"Efisiensi ini yang harus di dorong. Yang ini benar-benar dari persaingan. Gabungan ini akan membuat makin efisien," ujarnya.

Seperti diketahui, mulai hari ini semua nasabah bisa bertransaksi ke seluruh ATM yang berlogo ATM Prima. Transaksi itu tidak hanya di ATM Bank Central Asia dan Bank Mandiri.

Sigit mengatakan model kerjasama bisnis seperti ini tercapai jika kedua pelaku bank bisa sepakat. BCA dan Bank Mandiri sepakat karena keduanya akan mendapat keuntungan. "Mereka merasa sudah seimbang. Regulator hanya memberikan dorongan saja," ujarnya. (eh)

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024