Peringkat Eropa Turun Justru Untungkan RI

Rahmat Waluyanto
Sumber :
  • doc.daylife

VIVAnews - Kementerian Keuangan menegaskan penurunan peringkat sembilan negara Eropa tidak akan berpengaruh pada Indonesia dalam waktu dekat. Justru penurunan peringkat tersebut menguntungkan surat utang negara (SUN) Indonesia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Rahmat Waluyanto, mengatakan posisi terakhir pembelian surat utang Indonesia oleh asing pada akhir pekan lalu mencapai Rp2 triliun. Tak hanya itu, pembelian surat utang itu juga diikuti oleh penurunan imbal hasil (yield).

"Juga terjadi penguatan harga-harga di beberapa SUN yang seri benchmark," ujar Rahmat saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 16 Januari 2012.

Rahmat menjelaskan, penurunan yield surat utang biasanya disebabkan oleh faktor turut turunnya yield US Treasury, karena semakin banyak peminatnya saat kondisi krisis. "Nah, kalau yield turun, yield seperti obligasi Indonesia dalam bentuk valuta asing itu menggunakan benchmark-nya US Treasury. Kalau US Treasury turun, maka base rate-nya turun, yield turun," tuturnya.

Perkiraan peningkatan harga SUN, dia melanjutkan, karena kondisi SUN lebih stabil dibanding saham. "Kami melihat beberapa hari ini saham volatilitasnya agak tinggi," imbuhnya.

Rahmat menyatakan, penurunan peringkat surat utang beberapa negara Eropa  tidak akan mengubah rencana penerbitan surat utang Indonesia. Hingga saat ini negara telah mengumpulkan dana dari surat utang sebesar Rp26 triliun.

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi

"Terakhir Rp10 triliun dari SBN rupiah. Kemarin kan global bond US$1,75 miliar itu kan Rp16 triliun," ucapnya. (art)

Pemain Arsenal, Leandro Trossard jebol gawang FC Porto

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Leandro Trossard menegaskan bahwa Ben White bermaksud mencetak gol keduanya dalam kemenangan Arsenal atas Chelsea, meskipun ada pertanyaan apakah itu sebuah kesalahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024