Kasus Suap, Dharnawati Dituntut 4 Tahun Bui

Tersangka suap Kemenakertrans, Dharnawati
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Kuasa Direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati, dengan hukuman pidana 4 tahun penjara. Jaksa juga menuntut terdakwa membayar denda Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan.

"Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi," kata Jaksa Afni Carolina saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin, 16 Januari 2012.

Menurut JPU, Dharnawati terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi, dengan memberikan suap kepada empat pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Mereka adalah Menakertrans Muhaimin Iskandar, Dirjen P2KT Djamaluddin Malik, Sesditjen P2KT I Nyoman Suisnaya, dan Kabag Perencanaan dan Evaluasi Dadong Irbarelawan. Suap itu berupa uang hadiah senilai Rp2.001.384,328.

"Sebagaimana diatur pada Pasal 5 ayat 1 huruf b UU No 31 tahun 1999 jo. UU No 20 tahun 2001," ujarnya.

Pemberian hadiah itu kata Jaksa Afni, sengaja diberikan terdakwa kepada empat pejabat Menakertrans karena mereka memiliki kewenangan mengusulkan empat daerah penerima Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID) Bidang Transmigrasi dalam APBN-P Tahun 2011.

Daerah itu adalah Kabupaten Mimika, Kabupaten Keerom, Kabupaten Manokwari, dan Kabupaten Teluk Wodama sebagai daerah penerima dana PPID 2011.

Yang memberatkan terdakwa adalah perbuatan suap. Karena perbuatan itu dianggap tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi dan tidak mendukung program Good Governance. Adapun yang meringankan karena terdakwa mengakui perbuatannya, memiliki tanggungan dan belum pernah dihukum. (adi)

Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024