Proyek Miliaran Rupiah DPR

“Bandingkan Dulu Anggaran DPR & Kementerian”

Ruang Banggar 20 M
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso meminta semua pihak untuk tidak hanya terpaku pada besarnya anggaran yang dihabiskan DPR. Menurutnya, akan lebih adil apabila publik juga ikut menyoroti rincian anggaran yang ada di berbagai kementerian dan sejumlah instansi pemerintah lainnya.

“Anggaran setiap tahun selalu ada, dan itu terjadi di semua departemen. Kalau mau fair, bandingkan anggaran DPR dengan anggaran yang ada di seluruh kementerian dan lembaga negara. Baru kemudian silakan disorot mana yang tidak benar, mana yang terlalu besar, dan mana yang secukupnya. Itu baru fair,” kata Priyo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 17 Januari 2012.

“Kalau perlu, disorot semua untuk dijadikan juara dan diumumkan, siapa yang paling mewah dan siapa yang paling irit. Kalau semua mata hanya tertuju pada DPR, itu kurang fair,” ujar Priyo.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Ia menegaskan, dirinya dan pimpinan DPR lain sama sekali tidak mengetahui soal rincian anggaran yang dihabiskan DPR, termasuk biaya pembuatan kalender DPR dan pengadaan parfum ruangan.

Untuk membuat kalender 2012 sebanyak 13 halaman per kalender, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) sebelumnya melansir, DPR menghabiskan dana Rp1,3 miliar. Kalender yang dicetak sebanyak 11.200 buah, dan nantinya akan dibagikan kepada masing-masing anggota dewan.

“Saya sejujurnya tidak tahu dan tidak perlu tahu karena soal anggaran sudah ada yang mengurusi. Rumah tangga dan dapur DPR diurus oleh badan khusus yang namanya BURT (Badan Urusan Rumah Tangga DPR). Pimpinannya di BURT kolektif, ketuanya dipegang oleh Ketua DPR, dan semua fraksi punya perwakilan di situ,” kata dia.

Pimpinan DPR sendiri, ujar Priyo, berkonsentrasi pada tugas-tugas mereka yang telah ditetapkan oleh konsitusi, yakni membuat undang-undang sebagai fungsi legislasi, mengawasi pemerintahan, dan memutuskan anggaran sebagai fungsi budgeting.

“Tapi ingat, wewenang anggaran nasional terbesar ada di pemerintah, karena draf rancangan APBN berasal dari pemerintah. Banggar (Badan Anggaran DPR) hanya memiliki kewenangan 10-20 persen dari keseluruhan,” kata politisi Golkar itu. (umi)

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag
Chandrika Chika

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Sebelumnya, Keluarga Chandrika Chika menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menjenguk sang putri, pada Rabu malam 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024