Olahraga Virtual, Terbaik Bagi Manula

cybercycle
Sumber :
  • telegraph

VIVAnews - Sejumlah peneliti dari New York's Union College mengklaim bahwa 'exergames', seperti Wii fit, yang mengombinasikan olahraga dengan permainan virtual atau fitur videogame interaktif, mampu meningkatkan fungsi kognitif lebih baik di kalangan usia lanjut.

"Kami menemukan bahwa untuk mereka yang berusia lanjut, melakukan olahraga virtual seperti cybercycling dua sampai tiga kali per minggu selama tiga bulan, menghasilkan manfaat kognitif yang lebih besar, dibandingkan ketika melakukan olahraga biasa," kata Pemimpin studi, Dr Cay Anderson-Hanley, seperti dikutip harian Telegraph.

Riset ini melibatkan 101 relawan usia 58 sampai 99 tahun, yang terbagi dalam dua kelompok: pelaku olahraga dengan games virtual dan pelaku olahraga tradisional.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengendara cybercycle, yang mengayuh sepeda sembari memainkan pertarungan virtual di layar memiliki peningkatan fungsi kognitif lebih baik, dibandingkan mereka yang mengendarai sepeda tradisional. Pengendara cybercycle juga mengalami penurunan risiko pengembangan mild cognitive impairment (MCI) sekitar 23 persen.

PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

Cegah Demensia

Dr Paul Arciero, yang juga bekerja dalam studi ini, mengatakan: "Tidak ada perbedaan frekuensi latihan, intensitas, atau durasi, di antara dua kelompok responden. Dan terbukti, mereka yang memilih olahraga dengan permainan interaktif mendapatkan manfaat kognitif tambahan."

Anderson-Hanley mengingatkan bahwa olahraga sangat penting bagi mereka yang berusia lanjut. Olahraga dapat mencegah atau menunda demensia dan meningkatkan fungsi kognitif selama proses penuaan berjalan.

Pengakuan Jujur Pelatih Korea Selatan U-23 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Olahraga secara teratur memberikan manfaat kesehatan sekitar 14 persen pada orang dewasa usia 65-74 tahun. Dan, tujuh persen pada mereka yang berusia 75 tahun ke atas. (ren)

Keluarga Umi Pipik dan Irish Bella

Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella Mendadak Dijodohkan, Ini Respons Umi Pipik

Meskipun terpaut usia 5 tahun, banyak yang menyatakan bahwa Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella cocok bersama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024