Honeylizious

Robo-Robo Siap Guncangkan Mempawah

Tradisi Robo-Robo, di Mempawah, Pontianak
Sumber :
  • http://albenizibenz.blogspot.com

Vlog - Robo-Robo adalah tradisi tahunan yang diadakan di Kota Mempawah sebagai sebuah peringatan napak tilas Opu Daeng Manambon dan istrinya Putri Kesumba ke Mempawah, saat menerima kekuasaan sebagai pejabat raja dalam Kerajaan Bangkule Rajangk dari Panembahan Putri Cermin.

Saat Ritual Robo-Robo, dihidangkannya berbagai masakan khas istana yang mungkin tidak lagi populer di tengah-tengah masyarakat, seperti lauk opor ayam putih, sambal serai udang, selada timun, ikan masak asam pedas dan sop ayam putih.

Lokasi prosesi ritual Robo-Robo tersebar di beberapa tempat di Kota Mempawah, seperti di muara Sungai Mempawah di Desa Kuala Mempawah, Istana Amantubillah dan Kompleks Pemakaman Sultan-sultan Mempawah di Kelurahan Pulau Pedalaman, serta Makam Opu Daeng Menambon di Sebukit Rama, Kabupaten Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024