Jero: Energi Matahari Hanya Jemur Kopi

Papan reklame energi matahari
Sumber :
  • sharp-indonesia.com

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral, Jero Wacik, mengatakan bahwa energi terbarukan di Indonesia belum di manfaatkan secara maksimal. Salah satunya, energi matahari yang melimpah.

"Energi matahari, sekarang cuma di pakai untuk menjemur kopi dan menjemur turis. Padahal bisa dimanfaatkan maksimal," kata Jero Wacik, dalam Inspiring Talk, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) bertema 'Kebijakan Pemanfaatan Gas Bumi Terkait Pengendalian Subsidi BBM', di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa 17 Januari 2012.

Menurutnya, sumber energi yang berasal dari minyak akan habis. Berdasarkan data di Dewan Energi Nasional, energi terbarukan yang ada saat ini pemanfaatannya hanya lima persen dari total energi.

"Pada 2025 akan jadi 25 persen. Ini akan jadi political will pemerintah. Kita akan ke arah sana. Bagi yang punya bisnis di situ, jangan ragu-ragu injak gas ke sana," ungkapnya.

Penggunaan listrik, lanjut Jero, sangat tinggi. Daya beli masyarakat akan listrik juga tinggi, karena semua peralatan saat ini memerlukan energi listrik. Untuk itu, ia menyarankan bagi investor untuk berinvestasi di sektor energi listrik dan pasti sangat di butuhkan.

Jero juga menjelaskan, energi geotermal, yaitu energi yang tersimpan di gunung berapi yang dari dulu disebut sebagai musibah. Ia menceritakan, ketika dirinya tinggal di Bali, pengalaman terhadap adanya gunung berapi sudah banyak didapatkannya.

"Ada Gunung Agung dan Gunung Batur. Di dalam gunung itu ternyata ada hikmah, geothermal itu, di bawah tanah, dan biasanya ada gunung, ada lereng ada hutan. Kalau Menteri Kehutanan bilang nggak boleh diambil untuk eksplorasi, selamat tinggal panas bumi," kata dia.

Padahal, Jero melanjutkan, untuk pemanfaatan energi panas bumi hanya diperlukan sekitar 10 hektare dari ratusan ribu hektare hutan. "Botlenecking-nya di Menhut. Untungnya saya friend dengan beliau. Saya harus friend sama semua menteri," ujarnya.

Saat ini, kata Jero, terdapat sekitar 28 titik geotermal yang sudah mendapat izin untuk dieksplorasi dari Kementerian Kehutanan dengan nilai sekitar tujuh ribu megawatt. "Bayangkan, apa nggak dahsyat itu?" ujarnya.

Presiden, kata Jero, telah menginstruksikan kepada Kementerian ESDM untuk mencari terobosan agar mendapatkan solusi atas energi terbarukan. Selain energi geotermal, terdapat juga energi matahari yang sepanjang tahun ada di Indonesia dan belum dimanfaatkan maksimal.

"Kemarin, tim berangkat ke Thailand. Nanti akan ditawarkan ke investor, apakah tertarik buat panel surya. Tuhan memberikan tenaga matahari sepanjang abad, sampai kiamat," kata dia.

Kemudian, ada juga biomasa yang seharusnya disiapkan sistem insentif kepada energi terbarukan ini. Termasuk, bagi biosistem untuk melakukan penelitiannya. "10 tahun yang akan datang bisa jadi berkembang pesat. Kita akan beri insentif 10 tahunan misalnya, nantinya dievaluasi," ujarnya.

Selain itu, Jero juga akan melakukan renegosiasi kontrak-kontrak tambang yang sudah ada dan berlangsung lama. Misalnya kontrak tambang batu bara dangan Freeport.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

"Tapi akan kita lakukan, karena ada perintah dari Presiden. Sudah ada 15 kontrak batu bara yang sudah setuju. Ada yang saya silent, ada yang saya umumkan ke publik," tutur dia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024