Tuntutan UMR, Pengusaha Kritik Kepala Daerah

Demo buruh di kantor gubernur Jawa Timur
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta kepala daerah tidak langsung menyetujui tuntutan kenaikan upah buruh hanya untuk merebut suara masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Ketua Umum Apindo Sofjan Wanadi menjelaskan, Dewan Pengupahan telah mencapai kesepakatan upah hidup layak buruh, namun para buruh masih menuntut di atas upah yang layak. Dewan pengupahan merupakan lembaga nonstruktural yang bersifat tripartid: perwakilan pengusaha, buruh, dan pemerintah.

"Karena mendekati pilkada, permintaan buruh langsung disetujui saja oleh kepala daerah," kata Sofjan di Jakarta, Selasa Selasa 17 Januari 2012.

Di tengah resesi perekonomian dunia ini, dia mengatakan, kenaikan upah buruh di atas upah layak ini dirasakan sangat berat. Apalagi ada tuntutan kenaikan upah lebih dari 30 persen.

"Investor asing ini juga bingung, dari mana hitung-hitungan kenaikan upah langsung 30 persen ini, tahun lalu sudah naik 15 persen, sekarang minta naik lagi," katanya.

Sektor pekerjaan di Indonesia saat ini masih dikuasai informal yang mencapai 70 persen, yaitu pedagang kaki lima dan UKM, serta hanya 30 persen pekerja di sektor formal. Pengusaha ingin agar jumlah pekerja di Indonesia di sektor formal ini meningkat, sehingga dia meminta agar buruh jangan hanya memperhatikan kehidupan dirinya sendiri.

"Kami ingin meningkatkan sektor formal, karena sekarang ini 70 persen masih dikuasai sektor informal," ujar Sofjan. (umi)

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia
Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024