Wamenkeu Mahendra Siregar:

Investment Grade, Bukti Pengakuan Lembaga

Kunjungan Mahendra Siregar ke VIVA.co.id.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar menilai kenaikan peringkat surat utang Indonesia menjadi investment grade menunjukkan sehatnya perekonomian nasional. Kenaikan peringkat akan mendongkrak investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI).

"Jadi, investment grade itu seperti konfirmasi bahwa ekonomi kita lebih baik. Lebih kepada pengakuan dan konfirmasi dari lembaga tadi," ujar Mahendra Siregar di Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Mahendra melanjutkan, investment grade diharapkan dapat meningkatkan persentase investasi asing langsung ke Indonesia. FDI Indonesia pada 2012 diperkirakan berada pada kisaran 12 persen. "Ya, kami harapkan tidak jauh dari tahun 2011," imbuhnya.

Selain berharap peningkatan dari asing, dia menambahkan, investor dalam negeri juga akan semakin banyak menanamkan investasinya.

Sebagai informasi, lembaga pemeringkat Moody's hari ini menaikkan peringkat surat utang pemerintah Indonesia dari Ba1 menjadi Baa3. Dengan demikian Indonesia telah mendapatkan peringkat investment grade dari dua lembaga yaitu Moody's dan Fitch Ratings dengan outlook stabil.

Peringkat investment grade ini ditetapkan sebulan setelah lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberi gelar investment grade. Fitch Ratings telah menaikkan peringkat long term foreign dan local currency Issuer Default Ratings (IDR) Indonesia menjadi BBB- dari BB+. Outlook atas kedua peringkat tersebut stabil. (art)

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024