Investment Grade, Dana Pensiun Asing Serbu RI

Bursa saham Indonesia
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Kenaikan peringkat surat utang Indonesia ke tingkat layak investasi (investment grade) oleh Moody's dipastikan akan memancing perusahaan pengelola dana pensiun asing berebut untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

"Dana pensiun dari luar negeri bisa memasukkan portofolio ke Indonesia, terutama dari dana institusi. Mereka mensyaratkan hanya masuk ke negara lain yang sudah dapat peringkat investment grade," kata Ketua Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI), Abiprayadi Riyanto, dalam diskusi bersama wartawan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu, 18 Januari 2012.

Abiprayadi menjelaskan, kenaikan peringkat investasi Indonesia juga akan berpengaruh pada imbal hasil produk investasi di dalam negeri.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Kendati menanggapi positif kenaikan peringkat surat utang Indonesia itu, Abiprayadi mengatakan, perusahaan pengelola dana pensiun tak akan langsung begitu saja membenamkan dananya di Tanah Air. Mereka dipastikan akan mempelajari terlebih dahulu kondisi di Indonesia.

"Kalkulasi risiko nilai tukar kita bagaimana, dan perlindungan investor bagaimana?" ujarnya.

Struktur hukum di Indonesia, Abiprayadi melanjutkan, juga menjadi pertimbangan para calon investor asing ini. Untuk itu, Indonesia diharapkan lebih sering mengundang para calon investor atau road show ke luar negeri.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah stok pilihan investasi para pemodal asing di dalam negeri sampai saat ini masih sedikit. "Kami sudah menawarkan ke luar negeri untuk market Indonesia," kata dia.

Pada tahun ini, APRDI memperkirakan pertumbuhan asset under management akan tumbuh sekitar 15-17 persen dari tahun lalu sebesar Rp168,24 triliun. "Return reksa dana saham akan naik 20 persen, kalau indeks bisa ke level 5.000," kata dia. (art)

KPK Fires 66 Employees Who Accepted Bribes from Inmates
Dua WNI

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Problem tertukar visa hingga boarding pass buat rencana perjalanan itu terhambat, sementara pada waktu sangat singkat tersebut mereka diharuskan mendapat statement letter

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024