Obesitas Menurun dari Ayah ke Anak

ayah dan anak
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Sejumlah penelitian mengatakan bahwa biasanya anak obesitas diturunkan dari ibu obesitas. Penelitian terbaru membuktikan bahwa ayah yang obesitas lebih mungkin memiliki anak obesitas.

Sebuah penelitian dari Australia, yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, melihat anak delapan dan sembilan tahun yang obesitas cenderung memiliki salah satu orang tua yang obesitas.

Laporan ini menemukan bahwa ayah yang obesitas, tetapi ibu yang sehat secara signifikan meningkatkan kemungkinan obesitas pada anak. Tapi, hal ini tidak berlaku sebaliknya.

Penelitian tersebut jelas melawan pendapat popular bahwa gaya hidup ibu terhadap makanan memiliki pengaruh yang lebih besar atas berat badan anak-anak mereka.

Sebelumnya, para ilmuwan telah percaya bahwa jenis kelamin keturunan yang mengalami obesitas sangat berhubungan dengan orang tua yang obesitas. Ibu yang obesitas dipercaya cenderung memiliki anak perempuan yang obesitas, sedangkan ayah yang obesitas cenderung memiliki anak laki-laki yang obesitas.

Penelitian ini dihasilkan dengan menganalisa 3.825 anak-anak. "Pesan dari penelitian ini adalah sangat penting bagi orang tua terutama ayah untuk menjaga pola makan agar menghasilkan generasi yang sehat," papar rekan peneliti Emily Freeman dari Universitas Newcastle.

Sayangnya, para peneliti belum berhasil menemukan korelasi hubungan ayah yang obesitas dengan anak yang obesitas. Namun menurut mereka, anak akan mencontoh gaya hidup ayahnya karena biasanya mereka menjadikan sosok ayah sebagai role model mereka.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024