7 Gedung Impian yang Tak Pernah Terwujud (I)

Burj Khalifa
Sumber :
  • www.itechdiary.com

VIVAnews - Memanfaatkan momen prospek investasi Indonesia yang makin membaik, sejumlah pengusaha nasional berlomba-lomba untuk membangun gedung tertinggi dan terbaik yang belum pernah dibangun di Tanah Air.

Tak hanya swasta, perusahaan pelat merah pun tak mau ketinggalan. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan PT Adhi Karya Tbk memiliki mimpi untuk mendirikan bangunan 100 lantai di Jakarta.

Nama terakhir yang muncul ke permukaan adalah pengusaha pemilik CT Corporation, Chairul Tanjung. Pria yang akrab disapa CT ini telah memiliki rencana untuk membangun sebuah gedung mewah yang akan menjadi ikon Indonesia. Bahkan, pengusaha yang melejit lewat bisnis Trans Corp ini, berencana mendatangkan 10 arsitek ternama dunia guna mendesain gedung tersebut.

Namun, pengalaman menunjukkan, sejumlah proyek impian juga pernah dirancang sejumlah negara di dunia. Sayangnya, proyek-proyek prestisius itu justru tidak pernah terwujud hingga saat ini.

Dikutip dari laman businessinsider, setidaknya terdapat 7 konsep bangunan impian yang hingga saat ini tidak pernah terwujud.

1. The Chicago Spire
The Chicago Spire

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Lokasi: Chicago, AS

Dengan hanya menyisakan pekerjaan fondasi, pembangunan gedung pencakar langit yang rencananya memiliki tinggi 2.000 kaki (sekitar 61 meter) ini terpaksa berhenti pada 2008 akibat resesi.

Penyebab lain dari mandeknya pembangunan gedung Chicago Spire ini adalah, pihak pengembang yaitu Garrett Kelleher, terlilit masalah hukum dengan Anglo Irish Bank Corp. Pertikaian kedua pihak karena utang macet Kelleher.

Usai masalah keuangan ini dan berbagai upaya desain ulang gedung, proyek pencakar langit ini pun dihentikan.

THR El Rumi dari Irwan Mussry Bikin Netizen Ngiler

2. Fourth Grace

Lokasi: Liverpool, Inggris

Nama proyek gedung impian di Inggris ini diambil dari lokasi pembangunan yang berdekatan dengan gedung bersejarah di situs Pier Head, Liverpool yang dikenal dengan istilah The Three Graces.

Pada tahap awal, pembangunan karya arsitek ini sudah sangat rumit dan menyusahkan. Tak ayal lagi, biaya pembangunan pun terus membengkak.

Akhirnya, proyek pembangunan Fourth Grace ini dibatalkan pada 2004. Pembangunan gedung impian ini pun dipindahkan ke Toronto, Kanada, di mana pembangunannya masih berlangsung hingga kini.

3. The Illinois/Mile High
The Illinois/Mile High
Lokasi: Chicago, AS

Pada 1956, Frank Lloyd Wright membayangkan sebuah bangunan pencakar langit dengan ketinggian mencapai 1 mile (1,6 kilometer). Dengan ketinggian tersebut, gedung ini empat kali lebih tinggi dari Empire State Building yang kala itu dianggap sebagai gedung tertinggi di dunia.

Bahkan, dibandingkan gedung tertinggi pada saat ini, Burj Khalifa, gedung ini masih dua kali lebih tinggi.

Konsep dari gedung ini pun secara cepat menyebar ke seluruh Chicago, namun pendanaan untuk proyek tersebut tidak pernah bisa diterima.

4. Nakheel Harbour & Tower
Nakheel Harbour & Tower
Dubai, Uni Emirat Arab

Ambisi The Nakheel Harbour and Tower adalah menjadi ibukota tak resmi dari Dubai. Rencananya gedung ini akan menjadi bangunan tertinggi di dunia dengan ketinggian 4.600 kaki (1,4 kilometer).

Seiring perlambatan ekonomi dunia pada 2000, proyek tersebut dihentikan sementara pada Januari 2009. Namun, 18 bulan kemudian, proyek ini pun dibatalkan. (art)

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

(bersambung)

Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024