Ambil Untung Tarik IHSG dari Zona 4.000

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG),
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini akhirnya ditutup melemah 14,55 poin atau 0,36 persen ke level 3.986,515. IHSG kembali keluar dari zona 4.000 yang sempat disentuh pada penutupan perdagangan kemarin.

"Ini adalah bentuk profit taking menjelang libur panjang," kata Research Analyst PT Woori Korindo Securities Indonesia, Teuku Hendry Andrean kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat, 20 Januari 2012.

Pada perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka menguat tipis ke level 4.001,80. Sehari sebelumnya, IHSG ditutup di level 4.001,073.

Sejumlah saham sektoral pada perdagangan hari ini umumnya mengalami penurunan. Hanya saham sektor barang-barang konsumsi dan infrastruktur yang menguat.

Hendry mengatakan, aksi ambil untung pada hari ini juga disebabkan investor melihat bursa saham Indonesia sudah mengalami kenaikan selama tiga hari berturut-turut. "Karena memang tidak ada berita negatif di pasar," kata dia.

Kendati demikian, Hendry menilai pembukaan bursa Eropa yang mengalami penurunan, memberikan sentimen negatif pada bursa saham Tanah Air.

"Pembukaan bursa Eropa yang negatif juga sepertinya karena kondisi profit taking. Sama seperti yang terjadi pada IHSG," kata dia.

Saham-saham yang banyak diperdagangkan pada hari ini adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) sebanyak 2.433 kali dengan 59,16 ribu lot saham. Saham PGAS naik Rp100 atau 2,99 persen ke level Rp3.450.

Saham lain yang banyak ditransaksikan adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO). (art)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024