Ancaman Krisis, Pertamina Usul Olah Minyak RI

Tangki Timbun Pertamina Plumpang
Sumber :
  • Pertamina

VIVAnews - Khawatir krisis minyak mentah dunia semakin memburuk seiring situasi di Selat Hormuz yang memanas, PT Pertamina (persero) berharap semua minyak mentah dalam negeri dapat diolah perusahaan.

Untuk memenuhi keinginan tersebut, Pertamina bahkan siap memberikan penawaran terbaik bagi kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) agar bersedia menjual minyak mentah bagian mereka.

“Minyak mentah produksi dalam negeri bagian pemerintah yang diolah Pertamina tersebut dibeli dengan harga Indonesian Crude Price yang nilainya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar. Pertamina membayar minyak mentah bagian pemerintah sekitar Rp600 miliar lebih tinggi dari harga pasar setiap tahunnya,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Minggu, 22 Januari 2012.

Harun menegaskan, usul Pertamina tersebut didukung penuh BP Migas. Namun, diakui, saat ini tidak ada regulasi yang mengatur mengenai hal itu sehingga masih diperlukan penyempuraan regulasi yang ada.

Selain kepada BP Migas, Pertamina mengaku telah mengirimkan surat permintaan pembelian minyak mentah domestik kepada seluruh KKKS yang masih mengekspor produk mereka.

Dalam catatan Pertamina, total minyak mentah bagian KKKS yang diekspor telah mencapai sekitar 210 ribu barrel per hari (bph). "Kami ingin menyerap minyak mentah yang selama ini masih diekspor oleh KKKS," kata Harun.

Selama ini, kilang-kilang Pertamina telah mengolah seluruh minyak mentah produksi perusahaan dan bagian pemerintah yaitu sebanyak 534 ribu bph. Selain itu, Pertamina juga membeli langsung bagian KKKS sebanyak 3.500 bph. Jumlah ini dirasakan masih jauh dari mencukupi mengingat kapasitas kilang Pertamina yang mencapai satu juta bph. (umi)

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23
Rizky Febian dan Mahalini.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Hari bahagia Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. Berbagai persiapan pun sudah terpenuhi hampir 100 persen dengan sempurna, mulai dari rangkaian jelang nikah.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024