Dahlan Iskan Akan Benahi 20 Pabrik Gula

Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Sumber :
  • VIVANews/Nurcholios Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan membenahi 20 pabrik gula BUMN yang saat ini dalam keadaan sulit. Dahlan malu banyak pabrik gula BUMN yang saat ini dalam keadaan buruk.

Dahlan menjelaskan dalam tiga minggu ke depan, Kementerian BUMN akan mengadakan 'bahtsul masail kubro' pabrik gula, atau pembahasan masalah pabrik gula secara besar-besaran. "Istilahnya agak pesantren dikit," katanya sambil tersenyum di sela-sela rapat pimpinan BUMN di Gedung Menara 165, Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Menurut Dahlan dalam pertemuan akbar tersebut akan hadir direksi 20-23 pabrik gula tersulit di Indonesia. Dahlan juga mengundang seluruh kepala bagian pabrik dan 10 orang termuda di pabrik gula tersebut.

Dalam rapat tersebut akan dibahas 10 masalah utama pabrik gula, antara lain lahan, biaya tanaman, cara menanam, pemeliharaan tanaman, pengiriman tebu ke pabrik, penggilingan, rendemen, masalah bahan bakar pabrik, masalah mesin, dan masalah manajemen. "Seluruh kesulitan pabrik gula akan dibahas dalam pertemuan tersebut, malu kita punya banyak pabrik gula tetapi jelek-jelek begitu, pertemuan ini membahas bagaimana pabrik gula bisa bangkit kembali," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Dahlan akan menghadirkan beberapa narasumber, antara lain manajemen pabrik gula Bunga Mayang untuk menjelaskan bagaimana pabriknya dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu ada juga seorang kepala bagian teknik dan kepala bagian pengolahan pabrik gula Semboro di Jember.

"Ketika bekerja, prestasi mereka sangat baik, bisa menaikan kapasitas pabrik dari 12 ton menjadi 25 ton. Kesaksian dua orang ini bisa memperbaiki mesin, sinkronkan bagian teknik dan pengolahan yang tidak kompak,"katanya.

Selain itu, Dahlan juga akan menghadirkan Bupati Jombang yang memiliki latar belakang sebagai petani tebu sebagai narasumber. "Kalau ada masalah tanaman nanti dia yang jawab," katanya.

Untuk mengatasi permasalahan di sektor gula ini, lanjut Dahlan, tidak bisa dibahas satu per satu, namun dibahas secara keseluruhan permasalahan. "Karena ada yang bilang pabrik sudah tua, ada yang bilang manajemen jelek, tidak begitu, semuanya kita ungkap," katanya. (eh)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024