Cara Dahlan Iskan Benahi Pelabuhan

pembuatan tiang penyangga di dermaga V Pelabuhan Bakauheni Lampung
Sumber :
  • Antara/ Kristian Ali

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membenahi pelabuhan di seluruh Indonesia untuk menekan biaya logistik. Perbaikan itu khususnya untuk pelabuhan di Indonesia  timur.

Dalam rapat pimpinan BUMN, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, membahas bagaimana menekan biaya logistik yang terlalu tinggi di Indonesia timur dapat diatasi. Di pelabuhan Indonesia timur, kapal harus antre 15 hari untuk membongkar muatan.

Penyebabnya, salah satunya adalah sistem bongkar muat yang terlalu lama. Untuk bongkar muat beras, pupuk, semen, dan gula masih lama, karena kapal langsung membongkar muatan kepada truk-truk pengangkut.

"Jarak ke gudang jauh, saat truk pergi belum tentu ada truk lagi, sehingga lambat sekali," kata Dahlan seusai rapat pimpinan BUMN di Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Dahlan menjelaskan, untuk mengatasi lamanya bongkar muat tersebut, selain menggunakan kontainer dan jumbo bag, Dahlan meminta agar gudang-gudang milik Pelindo dimanfaatkan.

"Nanti Pelindo akan meminjamkan gudang, sehingga bongkar muat tidak terlalu tergantung pada truk. Kapal bisa bongkar muat cepat, sehingga selesai bongkar muat kapal baru datang lagi," katanya.

Selain mempercepat bongkar muat kapal, dia melanjutkan, Kementerian BUMN meminta Pelindo untuk menyempurnakan peralatan teknologi informasi. Menurut dia, peralatan pelabuhan di Indonesia timur itu sangat kurang memadai.

Selama ini, sering terjadi di beberapa pelabuhan kapal tidak bisa melakukan bongkar muat, karena komputer pelabuhan yang rusak, surat-surat perizinan tidak keluar karena sistem online tidak terkoneksi dan tidak ada back-up data.

Untuk itu, harus ada perencanaan investasi pembelian peralatan. Dahlan meminta kepada seluruh pengelola pelabuhan dalam dua hari ini untuk melakukan inventarisasi peralatan apa saja yang diperlukan. "Nanti daftarnya kasih ke saya dan akan saya putuskan," katanya.

Langkah pembenahan ini merupakan quick win Kementerian BUMN untuk memperbaiki sistem dan manajemen pengelola pelabuhan untuk mengatasi lambatnya bongkar muat. Sementara itu, untuk pembenahan jangka panjang, terus dilakukan penambahan dermaga.

Dalam kesempatan yang sama, Dahlan juga mengungkapkan PT Pengerukan Indonesia (Rukindo) akan menjadi anak perusahaan PT Pelindo II. Namun, kepemilikan dok Rukindo akan disatukan dengan pengelolaan dok Koja Bahari.

"Dok milik Rukindo akan diserahkan kepada Koja Bahari agar bisnis dok terkoordinasi, sedangkan usaha pengerukannya akan dikelola Pelindo," katanya. (art)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024