Korupsi Hutan, KPK Tahan Mantan Kadishut Riau

Ilustrasi/Pelaku kejahatan.
Sumber :
  • canada.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Burhanudin Husin. Burhanudin adalah tersangka korupsi penilaian dan pengesahan Rencana Kerja Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman (RKT UPHHKHT) di Kabupaten Palelawan, Riau.

"Setelah proses pemeriksaan, KPK menahan BH. Yang bersangkutan merupakan mantan Kadishut Riau tahun 2005-2006," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantor KPK, Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Menurut Johan, Burhanudin Husin diduga telah menyalahgunakan wewenang dan ijin usaha pemanfaatan hasil hutan tanaman. Johan menambahkan Burhanudin dijerat pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 Undang-Uundang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. "Akibat perbuatan tersangka, negara mengalami kerugian sebesar Rp470 miliar," ujar Johan.

Sementara itu Burhanuddin yang masih menjabat sebagai Bupati Kampar keluar dari kantor sekitar pukul 16.50 WIB, Burhanuddin yang mengenakan kemeja batik coklat menolak berkomentar.

"Kasus kehutanan," kata Burhanudin singkat saat ditanya seputar kasusnya. Burhanudin rencananya akan dititipkan di Rutan Bareskrim Mabes Polri.

Seperti diketahui, Burhanudin menjadi tersangka sejak Juni 2008 bersama dengan mantan Kepala Dinas Kehutanan Riau lainnya Syuhada Tasman dan Asrar Rahman, serta Bupati Siak Arwin AS.

Mereka diduga telibat dalam korupsi pemberian izin kehutanan di Kabupaten Pelalawan senilai Rp1,3 triliun. Penetapan ketiga tersangka ini menyusul vonis 11 tahun bagi Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jaafar. Syuhada dan Arwin telah ditahan oleh KPK. Sedangkan Asrar Rahman telah divonis di pengadilan. (eh)

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024