SBY Godok Pembentukan Bank Infrastruktur

Pengerjaan Konstruksi (Infrastruktur) Bangunan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menggelar sidang kabinet terbatas bidang perekonomian di Kantor Kepresidenan. Agendanya, rencana dan kebijakan untuk menghadirkan bank infrastruktur dan sejumlah isu perbankan dan keuangan yang lain.

Yudhoyono menyatakan, pembangunan infrastruktur telah menjadi prioritas pemerintah saat ini. Lewat program masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) pemerintah memprioritaskan pembangunan di bidang infrastruktur di seluruh Indonesia.

"Ada sisi lain, sisi perbankan. Ini harus kami pastikan semua tersedia. Ini harus kami lakukan agar semua terimplementasi," kata Yudhoyono di Kantor Presiden, Rabu, 25 Januari 2012.

Menurut Yudhoyono, banyak pihak yang sebenarnya telah siap membangun bank infrastruktur. "Manakala kami sudah siap, maka harus diluncurkan dan jadi bagian penting dari infrastruktur dan pembangunan ekonomi di masa depan," katanya.

Tak banyak pengantar yang disampaikan oleh Presiden dalam sidang kabinet kali ini. Penjelasan lebih jauh mengenai wacana pembentukan bank infrastruktur ini rencananya akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Wacana pembentukan bank infrastruktur pernah mengemuka sekitar setahun yang lalu atau tepatnya April 2011. Anggito Abimanyu, mantan kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, adalah salah satu orang yang mengusulkan pembentukan bank khusus pembangunan itu.

Anggito kala itu beranggapan Indonesia sudah saatnya membentuk bank yang khusus membiayai infrastruktur dalam jangka panjang. Untuk infrastruktur jangka pendek, masih bisa disokong dari pembiayaan perbankan saat ini.

Dari kacamata pengamat ekonomi UGM itu, selama ini masih terdapat ketidaksesuaian antara sumber dana dan pembiayaan. Sumber dana bank yang mempunyai jangka pendek, tidak cocok digunakan untuk pembangunan infrastruktur dalam jangka panjang. (art)

MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024
Wakil Menteri Luar Negeri, Turki Ahmet Yildiz

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Wakil Menteri Luar Negeri, Turki Ahmet Yildiz, mengutuk tindakan Israel di Gaza dan menyerukan tindakan tegas internasional untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024