Empat Manfaat Konversi BBM ke Gas

Converter Kit BBG
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendukung konversi energi kendaraan bermotor dari bahan bakar minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Banyak manfaat yang diperoleh dari kebijakan konversi ini.

Menurut Peneliti Rekayasa Utama LIPI Agus Hartanto, manfaat pertama yaitu pengurangan konsumsi BBM yang artinya pengurangan subsidi dan impor minyak. Kedua, penghematan biaya transportasi baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bagi masyarakat.

"Sehingga ini bisa meningkatkan pendapatan riil masyarakat," ungkapnya dalam paparannya pada saat Rapat bersama Koordinasi Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2012.

Penggunaan BBG juga dapat menghemat pengeluaran untuk perawatan kendaraan karena BBG tidak menghasilkan kerak sehingga mesin dan busi lebih bersih serta tahan lama. "Knalpot dan peredam suara umurnya menjadi lebih panjang," kata dia.

Manfaat ketiga adalah kebijakan konversi akan membuka peluang usaha baru untuk produksi konverter kit dan aksesori pendukung lain serta usaha lain mulai dari sisi hulu hingga ke hilir terkait sistem produksi dan distribusi BBG.

Keempat, kebijakan konversi juga sangat pro lingkungan. Konversi ini akan mengurangi emisi karbon sebesar 95 persen, emisi karbon dioksida sebesar 25 persen, emisi HC sebesar 80 persen, dan emisi NOx sebesar 30 persen.

"Kita mendukung untuk pengujian, konverter kit, dari segi pembuatan. Bukan LIPI yang bikin tapi industri swasta, dalam negeri tidak akan sulit," kata dia. (eh)

Datang ke Pemakaman Ibunya, Angger Dimas Berterima Kasih Pada Tamara Tyasmara dan Keluarga
Isa Bajaj

Miris! Anak Isa Bajaj Diduga Alami Kekerasan hingga Berdarah saat Bermain di Alun-alun Magetan

Dalam unggahannya, sang pelawak atau komedian Isa Bajaj pun hingga menanyakan tentang keberadaan CCTV di area lapangan basket yang ada di sekitar Alun-Alun Magetan Jateng

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024