Bangun Pabrik, Indocement Tunggu Izin AMDAL

Aktivitas Pabrik PT Indocement, Citeureup, Bogor
Sumber :
  • Antara/ M Agung Rajasa

VIVAnews - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk melalui anak perusahaannya, PT Sahabat Mulia Sakti (SMS) akan membangun pabrik semen terpadu di Pati, Jawa Tengah. Pembangunan pabrik yang memakan biaya US$300-500 juta itu diperkirakan berdiri 2014-2015.

"Kepemilikannya 100 persen Indocement," ujar Sekretaris Perusahaan Indocement, Sahat Panggabean, di kantornya, Jakarta, Jumat, 27 Januari 2012.

Ia menuturkan, sumber pendanaan pembangunan itu berasal dari belanja modal (capital expenditure/capex) yang disediakan secara bertahap. Pabrik itu memiliki kapasitas produksi mencapai 2,5-3 juta ton per tahun atau 8.000 ton per hari dengan luas lahan 180 hektare. Selain itu, pabrik dilengkapi asrama, perkantoran, dan fasilitas akses bagi keluar masuk area pabrik.

Namun, pembangunan itu masih menunggu izin, terutama terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Direktur PT Sahabat Mulia Sakti, Alexander Frans, mengatakan, perizinan sudah dipenuhi, dan eksplorasi cukup untuk mendirikan industri semen sekitar 100 tahun. "Sekarang tinggal nunggu AMDAL. Karena ini memiliki risiko jika tidak di-manage dengan baik kerangka AMDAL-nya," tutur Alex.

Alex juga membantah isu pabrik yang didirikan tidak memperhatikan aspek kelestarian lingkungan sekitar, terutama di wilayah Gunung Kendeng. Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena memang masih ada beberapa kelompok warga yang masih keras menolak.

Alex menuturkan, kekhawatiran akan adanya berbagai masalah misalnya bencana, kekeringan, dan banjir ketika ada eksploitasi dari PT Sahabat Mulia Sakti, tidak perlu di risaukan.

"Tapi, apa yang dilakukan PT SMS, di AMDAL akan tercantum. Misalnya, mengelola debu, bising, getar, kewajiban perusahaan terhadap APBD, CSR, mana yang boleh dan tidak, sumber air yang harus dipelihara, situs-situs harus dilestarikan, dan semua akan masuk dalam dokumen AMDAL," katanya. (art)

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
Ilustrasi lokasi kejadian.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok sejumlah orang di Pasar Cikini, Rabu kemarin. Rekan Prada Lukman diduga membalas aksi itu dengan cari komplotan pelaku.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024