Banyak Interupsi, Nazaruddin Dimarahi Hakim

Oktarina Furi Bersaksi Untuk Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Sidang perkara suap wisma atlet dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin seringkali dihujani interupsi. Bahkan saking sengitnya interupsi antara saksi, penuntut umum, dan penasehat hukum, majelis hakim kewalahan mengatur jalannya sidang.

Begitupun saat hakim sedang menanyai saksi mengenai perusahaan Permai Group dan bagaimana tanggung jawab terdakwa dalam perusahaan tersebut, Nazaruddin menyela hakim.

"Tolong majelis, saksi diingatkan bahwa kalau dia memberikan kesaksian palsu ada ancaman hukumannya, mungkin saksi ini tidak ngerti hukum," kata Nazaruddin menyela Ketua Majelis Hakim Dharmawati Ningsih di pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat 27 Januari 2012.

"Terdakwa kalau terus berbelit-belit (mempersulit jalannya persidangan), ini akan memberatkan. Ingat Anda terdakwa," ujar Hakim Anggota Marsudin Nainggolan memperingatkan Nazaruddin.

Sebelumnya, Nazaruddin menyela keterangan Oktarina ketika menjelaskan rangkaian kejadian baik pertemuan maupun rapat-rapat yang terjadi di PT Anugerah Nusantara, anak perusahaan Permai Group terkait proyek-proyek pengadaan pemerintah. Nazaruddin protes, saksi tak menjelaskan tahun kejadian itu terjadi.

Padahal, Hakim Dharmawati Ningsih sudah menjelaskan bahwa saksi telah menyebut tahun kejadiannya. "Terdakwa, saksi ini tadi sudah menjelaskan ini rangkaian yang terjadi pada tahun 2009, terdakwa juga tolong menyimak, kalau perlu dicatat," ucapnya.

Protes berkutnya adalah ketika Majelis Hakim menanyakan saksi, apakah terdakwa pernah datang ke ruang kerja Neneng Sriwahyuni di lantai tiga? Oktarina menjawab pernah melihat.

"Majelis Hakim tolong peringatkan saksi, untuk memberikan kesaksian yang benar, ini kesaksiaannya berbeda dengan BAP," protes Nazar kembali.

Mendengar protes itu, Hakim Dharmawati Ningsih kembali memperingatkan. "Terdakwa jangan terus berbicara, terdakwa nanti akan diberikan kesempatan sendiri untuk menanggapi, biarkan saksi menjelaskan," tegur Hakim Ketua. (umi)

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024