ICW:

2012, KPK Masih Disibukkan Korupsi Politisi

Demo di KPK
Sumber :
  • ANTARA/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai tahun 2012, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih disibukkan dengan menangani kasus korupsi yang menjerat para politisi.

"Situasi sekarang KPK akan menghadapi musuh-musuh yang sama yakni para politisi," kata Koordinator ICW, Danang Widoyoko di kantor ICW, Jakarta. Minggu, 29 Januari 2012.

Menurut Danang, kondisi itu akan terus terjadi, sejauh solusi mengenai pendanaan partai politik belum ada solusi. Sebaliknya, perlawanan dari pihak-pihak partai politik akan semakin gencar, mengingat sebagian besar politisi bermukim di DPR.

"Kita berada pada pondasi yang rapuh, akan semakin banyak politisi yang berhadapan dengan KPK. Kalau ini tidak di atasi KPK akan selalu menghadapi pelemahan-pelemahan," ujarnya.

Selain itu, ICW mencatat bahwa sumber daya alam seperti batu bara dan sawit akan menjadi lahan subur bagi pendanaan partai politik. "Korupsi yang diungkap disektor itu masih sedikit, pencegahannya pun minim. Karenanya pengelolaan SDA masih akan menjadi pilihan untuk partai mendulang sokongan dana," ucapnya.

Menurut Danang, banyak kasus korupsi yang berkaitan dengan politisi dan partai politik. Sebut saja kasus Bank Bali tahun 1999 yang melibatkan Partai Golkar, kasus cek pelawat yang melibatkan PDI Perjuangan dan kasus wisma atlet yang menggoyang Partai Demokrat.

"Kalau kita amati setelah pemilu pasti akan muncul skandal besar, karena kebutuhan politik," ujarnya.

Sementara itu, baik pemerintah, DPR maupun KPK belum memiliki solusi mengenai persoalan pendanaan partai politik. Bahkan ICW, lanjut Danang, kesulitan mendapat laporan pendanaan partai politik karena sebagian besar partai menolak memberikan.

"Kami sudah minta diajukan itu ke KIP itu tapi prosesnya lamban. Kami tidak memaksa meminta laporan, tapi karena parpol ini kan pilar penting Demokrasi. Saya menduga, jangan-jangan tidak ada laporannya," ujarnya. (sj)

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024
ular  kuno

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Ahli paleontologi di Gujarat, India, baru-baru ini menemukan fosil ular terbesar yang pernah ada di dunia. Ular ini, yang dinamakan Vasuki Indicus, dianggap sebagai lanka

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024