Saham Asia Berguguran

Bursa saham di Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews - Pasar saham Asia sebagian besar bergerak melemah pada awal transaksi hari ini, Senin 30 Januari 2012. Rencana restrukturisasi utang Yunani yang dibayangi ekspektasi melambatnya pertumbuhan ekonomi AS disinyalir menjadi pemicunya.

Sebagian besar bisnis ekspor di Seoul dan Tokyo juga mengalami pelemahan, sedangkan mata uang euro cenderung turun karena investor mengalihkan perhatian mereka ke pertemuan puncak Uni Eropa di Brussels.

Selain itu, sentimen bursa regional tersebut juga didorong pelemahan Dow Jones Industrial Average hingga 37 poin Jumat lalu waktu New York, menyusul laporan yang menunjukkan bahwa pertumbuhan AS pada kuartal keempat di bawah ekspektasi.

Sedangkan harapan akan kesepakatan restrukturisasi utang Yunani juga menjadi sorotan, karena memicu ketegangan antara Berlin dan Athena, seiring langkah Jerman yang akan mengontrol ketat anggaran Yunani.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Kepala Riset IG Markets di Singapura, Justin Harper mengatakan bahwa masalah utang Yunani akan tetap menjadi sumber ketidakpastian. "Mungkin, akan mengurangi suasana hangat pertemuan antarpara pemimpin negara anggota Uni Eropa menjelang KTT Uni Eropa hari ini," kata dia, seperti dikutip dari laman Wall Street Journal.

Tercatat, bursa saham Jepang, Nikkei Stock Average turun 0,4 persen, indeks saham Australia, S&P/ASX 200 turun 0,2 persen, dan bursa Korea Selatan Kospi Composite turun 0,4 persen.

IHSG Ikut Turun

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Sementara itu, indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia ikut melemah pada awal transaksi hari ini. IHSG dibuka turun ke level 3.986,14, melanjutkan prapembukaan pagi tadi yang melemah 5,80 poin atau 0,14 persen di posisi 3.980,60.

Menurut analis PT BNI Securities, Akhmad Nurcahyadi, penurunan yang terjadi pada bursa futures dan beberapa indeks acuan dunia serta data penting makro AS menjadi pemicu pergerakan negatif indeks regional Asia.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

"Termasuk, bursa domestik," kata dia dalam risetnya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin.

Akhmad memperkirakan, indeks harga saham gabung di BEI pada hari ini akan bergerak pada kisaran level 3.972,94?3.996,38. (umi)

Ilustrasi kanker serviks.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024