Thailand Kehilangan Gelar Eksportir Beras

Beras
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Thailand diperkirakan kehilangan gelarnya sebagai produsen beras terbesar di dunia tahun ini. Kebijakan baru pemerintah Thailand terhadap program pengadaan beras telah membuat harga beras Thailand melonjak di atas harga pasar.

Korbsook Lamsuri, Presiden Asosiasi Eksportir Beras Thailand atau Thai Rice Exporters’ Association, seperti dikutip VIVAnews dari laman wallstreetjournal, Selasa, 31 Januari 2012 menilai, ekspor beras negaranya akan merosot 40 persen tahun ini akibat harga yang tak kompetitif dan keputusan pembelian beras oleh pemerintah di atas harga pasar.

Kondisi itu menyebabkan posisi Thailand sebagai eksportir beras terbesar dunia akan tersalip oleh Vietnam dan India. Tahun lalu, Thailand mengekspor tak kurang dari 10,6 juta ton beras. Tahun ini, ekspor beras diprediksi merosot menjadi 6 juta ton.

Korbsook mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir, Thailand telah kehilangan pangsa pasar beras dunia dalam jumlah cukup besar. Posisi mereka diisi oleh India yang menawarkan harga beras lebih murah US$100 per ton.

Setelah tiga tahun dilanda inflasi dalam negeri yang cukup besar, India telah kembali mengekspor beras jenis non-basmati pada September 2011.

Sebelum pencabutan kebijakan larangan ekspor dilakukan pemerintah India, ekspor beras Thailand naik 400 ribu ton setiap bulan. Namun, pengiriman beras mereka kini hanya kurang dari 100 ribu ton. Penurunan volume ekspor juga terjadi pada beras putih akibat kurangnya pasokan.

Sebagai informasi, potensi lepasnya peringkat Thailand sebagai eksportir beras dunia muncul setelah pemerintah Negara Gajah Putih itu menerapkan kebijakan baru pada tahun lalu. Dalam program baru itu, pemerintah berjanji akan membeli beras yang belum diolah dari para petani dengan harga tinggi di atas harga pasar. (art)

Terpopuler: Bukti Kencan Kim Soo Hyun-Kim Ji Won, Teuku Ryan Dibawa Berobat dan Ruqyah
Indonesia U-23 vs Irak U-23

Cek Fakta: Alex Ferguson Komentari Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak di Piala Asia U-23

Beredar di media sosial video bernarasi, mantan pelatih Manchester United, Alex Ferguson turut mengomentari kekalahan Timnas Indonesia dari Irak di Piala Asia U23.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024